Keseruan Komunitas Eksplorasi Sumatra Barat Bareng Daihatsu
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 20 Mei 2024 17:00 WIB
Daihatsu Xenia jelajahi Sumatra Barat. (Dok ADM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan eksplorasi beragam destinasi bersama Xenia di Sumatra Barat yang berlangsung pada 3–7 Mei 2024. Eksplorasi yang dilakukan selama empat hari perjalanan ini bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan dan pesona Sumatra Barat, serta memberikan informasi pilihan destinasi wisata yang rekreatif, ragam kuliner, sekaligus menguji performa keandalan Xenia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam perjalanan kali ini, tim eksplorasi melewati beragam daerah mulai dari perkotaan, pedesaan, hingga medan yang cukup menantang. Tim eksplorasi juga menggandeng komunitas mobil Daihatsu Xenia setempat, yakni AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club) dan DXIC (Daihatsu Xenia Indonesia Club).

Perjalanan bertajuk Eksplorasi Nusantara ini kunjungi beragam destinasi menarik khas Sumatra Barat, seperti Warkop Legendaris Nan Yo, Museum Adityawarman, Jembatan Siti Nurbaya, Situs Gunung Padang, Puncak Lawang, Danau Maninjau, Jam Gadang Bukittinggi, hingga Desa Wisata Koto Gadang.

Pada hari pertama, perjalanan diawali dari Bandara International Minangkabau, untuk menuju warkop (warung kopi) legendaris di Padang, yakni Kopi Nan Yo. Suasana klasik tersaji di setiap sudut Warkop legendaris yang telah berdiri sejak 1932.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Museum Adityawarman untuk mengetahui sejarah Sumatra Barat. Museum yang diresmikan pada 16 Maret 1977 ini mengambil nama besar salah seorang Raja Malayapura pada abad ke-14. Perjalanan eksplorasi hari pertama ditutup dengan melihat dan membuktikan cerita rakyat Padang yang melegenda, yakni Siti Nurbaya.

Pada hari selanjutnya, tim melanjutkan eksplorasi menuju Bukittinggi. Cuaca yang cenderung dingin menjadi ciri khas Bukittinggi sudah terasa sejak pagi. Setelah itu mereka menyambangi salah satu destinasi terbaik di Bukittinggi, yaitu Puncak Lawang dengan melintasi Ngarai Sianok dengan rute perjalanan menantang.

Keindahan kota Bukittinggi dengan pesona pemandangan Danau Maninjau dapat terlihat jelas dan menjadikan Eksplorasi Sumatra Barat semakin berkesan. Memasuki hari ketiga, tim Daihatsu bersama komunitas mobil kembali memulai perjalanan dari Bukittinggi menuju Desa Wisata Koto Gadang. Mereka juga melewati Jam Gadang yang menjadi penanda atau ikon Kota Bukittinggi.

Selama eksplorasi, perjalanan mengandalkan Xenia yang didukung dengan ground clearance setinggi 205 mm, ditambah radius putar 4,9 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering) membuat manuver semakin mudah dikendarai melewati beragam kondisi jalan.

Xenia juga memiliki fitur HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di jalan menanjak, sehingga sangat membantu berkendara selama eksplorasi dengan medan jalan yang bervariasi di Sumatra Barat.

Fitur keamanan seperti Rear parking Camera & 360 derajat Around View Monitor pada beberapa varian juga membantu visibilitas pengemudi ketika sedang bermanuver mundur.

Perjalanan juga makin nyaman karena Xenia dibekali head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, serta tampilan maps atau peta pada layar sentuh berukuran 9 inci. Head unit Xenia juga bisa menghubungkan aplikasi lainnya, seperti Whatsapp, Spotify, dan lainnya yang tersedia mulai Xenia tipe 1.3 R.

Pilihan Editor: BAIC Berencana Hadirkan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi