Honda Kejar Target Elektrifikasi Mobilnya pada Tahun 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 21 Mei 2024 14:00 WIB
Mobil listrik Honda. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda Motor Co., Ltd., kejar target untuk mencapai 100 persen elektrifikasi produknya pada tahun 2040. Hal tersebut disampaikan oleh Director, Presiden and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd., Toshihiro Mibe.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk bisa mencapai target itu, Honda mengumumkan berbagai pendekatan yang mencakup penetapan target penjualan EV, restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, memperkenalkan model EV yang inovatif, dan melakukan investasi finansial yang signifikan.

Dari segi target penjualan, Honda punya target 100 persen produk EV dan FCEV dari penjualan kendaraan globalnya di tahun 2024. Dalam perspektif jangka menengah dan jangka panjang, Honda akan melihat pada periode popularisasi EV, membangun merek EV yang kuat, serta fondasi bisnis EV yang kokoh.

Toshihiro Mibe tegaskan masa depan Mobil listrik Honda. (Foto: Honda)

Honda juga akan merestrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, di mana fokus utama pabrikan mobil Jepang ini ada pada produksi baterai. Honda berupaya mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara lebih dari 20 persen di 2030 dibandingkan biaya saat ini pada tahun.

Honda juga akan membangun struktur bisnis yang kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35 persen. Honda telah memiliki pandangan positif untuk mengamankan produksi baterai yang cukup untuk memenuhi sekitar 2 juta unit EV per tahun.

Target elektrifikasi ini juga akan dicapai dengan memperkenalkan model EV Honda, di mana dalam ajang CES 2024, Honda telah memperkenalkan Honda 0 Series. Honda juga meluncurkan dua mobil konsep, yakni Saloon dan Space-Hub yang rencananya diproduksi massal pada tahun 2026 untuk pasar Amerika Utara, dilanjutkan untuk pasar global, setelah itu diikuti model lainnya yang totalnya akan ada tujuh model.

Untuk model hybrid (e:HEV), Honda akan memperluas lini produknya secara global. Honda juga siap memperkenalkan 10 model EV pada tahun 2027 dan menargetkan 100 persen penjualan EV pada tahun 2035 di Cina. Pada tahun ini, Honda telah meluncurkan Seri Ye, melengkapi Seri e:N yang sudah dipasarkan saat ini.

Masa depan Mobil listrik Honda akan lebih banyak hingga tahun 2027. (Foto: Honda)

Di negara asalnya, Jepang, Honda akan memulai dengan produk mini EV komersial, yakni N-VAN e:, yang rencananya dijual pada musim gugur tahun ini. Secara bertahap, Honda akan memperkenalkan mini EV untuk mobil pribadi pada tahun 2025 serta kendaraan listrik mini pada tahun 2026.

Di Indonesia sendiri, Honda telah meluncurkan dua mobil hybrid-nya, yakni All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Accord RS e:HEV. Untuk mobil listrik murni, Honda masih meriset dan melakukan tahap pengenalan teknologi elektrifikasi Honda.

Pada sektor investasi finansial, Honda berencana menggelontorkan dana sekitar 10 triliun Yen untuk pengadaan berbagai sumber daya, yang nantinya untuk mendukung tercapainya popularitas periode EV selama 10 tahun hingga tahun 2031.

Pilihan Editor: 86 Mobil Listrik Hyundai Jadi Kendaraan VIP di World Water Forum 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi