India Bakal Jadi Negara Pertama di Luar Inggris yang Memproduksi Range Rover Sport
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 27 Mei 2024 11:00 WIB
Range Rover Sport Stealth Pack. (Foto: Range Rover)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Grup Jaguar-Land Rover (JLR) telah mengumumkan bahwa Range Rover dan Range Rover Sport akan diproduksi di India. Ini adalah negara pertama di luar Inggris yang memproduksi Range Rover.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Senin, 27 Mei 2024, dengan diproduksi lokalnya Range Rover dan Range Rover Sport, JLR menjanjikan waktu inden yang lebih singkat bagi konsumen. Selain itu, kedua model tersebut akan tersedia secara eksklusif untuk pasar India.

Sepasang SUV ini sebelumnya hanya diproduksi secara eksklusif di Pabrik Solihull di Inggris, yang ditetapkan sebagai rumah global Range Rover. Ke depannya, trim tertentu dari model ini juga akan dirakit dari kit CKD (completely knock down) di Pune, India.

Pabrik di Pune, yang terletak di dekat ibu kota Mumbai, dimiliki oleh perusahaan induk JLR, Tata Motors. Sejak 2011, kota ini telah menjadi pusat produksi 10 produk JLR lainnya yang dirancang untuk pasar India, mulai Land Rover Freelander, Range Rover Evoque dan Velar, Jaguar F-Pace, dan Land Rover Discovery Sport.

"India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan diperkirakan akan terus melanjutkan tren ini dalam waktu dekat," kata Chief Commercial Officer JLR Lennard Hoornik.

"Meskipun Range Rover kini menjadi buatan India untuk klien di pasar ini, desain khas Inggrisnya tetap khas dan akan terus mendefinisikan keanggunan estetika dan kecanggihan teknologi yang identik dengan Range Rover," ucap Hoornik menambahkan.

Range Rover buatan India ditawarkan dalam dua trim, pertama adalah Autobiography yang mengusung mesin bensin 3.0 liter dengan tenaga 393 HP. Sementara, trim kedua adalah HSE yang dibekali mesin diesel 3.0 liter dengan tenaga 346 HP.

Soal harga, kedua model tersebut akan dipasarkan dengan banderol 269 Lakh Rupee India atau sekitar Rp 5 miliar. Kemudian, untuk tipe HSE akan dibanderol 236 Lakh Rupee India atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Lalu, untuk Range Rover Sport yang diproduksi di India akan tersedia dengan mesin yang sama seperti Range Rover, namun dalam trim Dynamic SE. Kedua versi ini dibanderol dengan harga 140 Lakh Rupee India atau sekitar Rp 2,6 miliar, lebih murah dibanding Range Rover LWB yang lebih besar dan mewah.

Unit pertama dari kedua model yang diproduksi di India ini akan dipamerkan di Range Rover House India baru, yang terletak di kota pesisir Alibaug. Pengiriman ke konsumen dijadwalkan dimulai pada 24 Mei untuk Range Rover dan 16 Agustus untuk Range Rover Sport.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Catalunya: Bagnaia Menangkan Pertarungan Sengit dengan Jorgep Martin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi