Kia Ungkap Alasan Belum Rakit Mobil di Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 31 Mei 2024 18:00 WIB
Kia Logo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) baru saja meluncurkan The New Kia Carnival pada Rabu, 29 Mei 2024 lalu. Multi purpose vehicle (MPV) premium asal Korea Selatan tersebut dibanderol mulai Rp 960 juta. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

The New Carnival yang dijual di Indonesia masih berstatus Completely Build Up (CBU) alias diimpor langsung dari Korea Selatan. Hal tersebut juga berlaku untuk model Kia lain yang masih impor dari Negeri Gingseng. 

Meski begitu, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo mengaku pihaknya sedang berupaya untuk bisa merakit mobil secara lokal di Tanah Air.

“Semua merek pasti ingin ikut serta dalam program pemerintah (untuk merakit mobil di Indonesia), pasti mau. Tetapi balik lagi, realisasi mereka tersebut untuk dapat program, itu yang sedang kita lakukan saat ini. Secepatnya kita bisa realisasi, baru bisa nikmati insentif dari pemerintah,” kata Ario, saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu, 29 Mei 2024.

Ario menambahkan, terdapat beberapa kendala dalam perakitan Kia di Indonesia. Salah satunya karena prinsipal membatasi model mobil yang boleh masuk untuk pasar otomotif Indonesia. 

"Kami juga ada keterbatasan untuk model-model yang boleh di Indonesia itu tidak banyak dari Kia Global, dan juga kami juga punya keterbatasan bahwa Kia itu adalah bagian dari Hyundai Group,” kata Ario.

Lebih jelas Ario menjelaskan saat ini Kia pusat tengah gencar menjual mobil listrik. Hal ini tentu jadi kendala lain, lantaran elektrifikasi ini dirakit di Cina.

"Prinsipal lagi agresif dari launching EV5 dan EV3, tapi itu kan tidak semudah itu. Contoh EV5 tahun ini hanya dibuat di Cina, jadi bukan buatan Korea. Sedangkan Indonesia hanya punya FTA dengan Korea Selatan, jadi mau tidak mau harus menunggu unit dari Korea. Kira-kira begitu,” lanjut dia. 

Sebagai informasi, saat ini Kia menjual sejumlah kendaraan yang menggunakan mesin konvensional, diesel maupun mobil listrik murni. Adapun mobil berbahan bakar bensin, yakni Kia Sonet, Kia Seltos, Kia Carens, Kia Carnival, hingga mobil listrik murni EV6 dan EV9.

Pilihan Editor: Bikin SIM Sekarang Tak Bisa Lewat Calo, Wajib Ikut Ujian Praktik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi