Bikin SIM Sekarang Tak Bisa Lewat Calo, Wajib Ikut Ujian Praktik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 29 Mei 2024 10:00 WIB
Pemohon SIM C ujian praktik setelah perubahan sirkuit berbentuk S di Polres Metro Depok, Senin, 14 Agustus 2023. TEMPO/Ricky Juliansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bakal terpusat atau tersentralisasi. Langkah ini bertujuan agar masyarakat mengikuti seluruh tahapan pembuatan SIM.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yusri menegaskan bahwa apabila sentralisasi ini sudah diterapkan, SIM tidak akan tercetak jika pemohon tidak mengikuti salah satu ujiannya, baik teori atau ujian praktik. Jadi, masyarakat yang biasanya mengandalkan calo untuk pembuatan SIM, kini tidak bisa lagi.

"Orang bikin SIM, enggak pakai ujian teori maupun ujian praktik, nanti di Korlantas, di Command Center sudah tahu, dan itu tidak akan bisa ter-print. Silakan saja, tapi tidak akan bisa keluar SIM-nya, itu namanya sentralisasi," kata Yusri, dikutip dari Antara hari ini, Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut Yusri, sentralisasi pembuatan SIM ini diharapkan dapat menghilangkan anggapan di masyarakat bahwa pembuatan SIM bisa dilakukan hanya dengan foto saja. Dia menilai SIM itu adalah kompetensi, bukan hanya sekadar kartu identitas.

"Kami melarang calo dari dulu. Kita harus ada kompetensi ujian teori dan ujian praktik," kata Yusri.

"Kalau boleh lihat, sekarang ini sudah dalam bentuk ujian teori itu animasi. Pakai face recognition sekarang, enggak ada lagi yang merangkap bahwa cukup polisi saja nanti yang ikut ujian, dia pakai face recognition," ucap Yusri menambahkan.

Bagi masyarakat yang mungkin mengalami kesulitan dalam ujian teori pembuatan SIM, Yusri mengatakan bahwa kepolisian telah menyiapkan buku untuk bisa dipelajari. Selain itu, kepolisian juga menyiapkan ruangan khusus untuk masyarakat belajar sebelum melakukan ujian pembuatan SIM.

"Kami ajarkan mereka (masyarakat) yang lama tentang ujian teori yang pakai buku itu, sama juga dapat melalui akun-akun yang kami punya di Polri, itu bisa tahu ujiannya, belajar dari situ. Setiap ujian tempat SIM sebelum melakukan ujian teori sudah ada ruang pencerahan namanya, disitu belakar, disitu dipersilakan," ucapnya memungkasi.

Pilihan Editor: Usai Cedera, Mario Aji Raih Poin Perdana di Moto2 Catalunya 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi