Yumos Garage Sulap Suzuki Carry Jadi VW Dakota, Segini Biayanya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 31 Mei 2024 19:30 WIB
VW Dakota bermesin Suzuki Carry. (Foto: Yumos Garage )
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yumos Garage merupakan bengkel spesialis restorasi VW Dakota yang sudah cukup lama melalang buana dengan karyanya sebagai salah satu bentuk pelestarian design classic. Wahyu Pamungkas atau akrab dipanggil Yudi, pemilik Yumos Garage, mulai membuka workshop pada tahun 1998 dan fokus menggarap project VW sejak tahun 2010.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baru-baru ini Yumos Garage, melalui akun instagramnya melakukan ubahan besar dengan basis Suzuki Carry yang disulap menjadi VW Dakota.

Yudi bercerita konsep ini berawal dari konsep mobil Kawin silang pada 10 tahun lalu. Saat ini dia mendapat orderan dari Jepang untuk membuat mobil berbentuk VW namun dengan catatan transmisi matic.

VW Dakota ternyata merupakan permintaan dari Gilang Widya Pramana yang dikenal juga sebagai pemilik dari PO Bus Juragan 99. (Foto: Yumos Garage)

"Dari 10 tahun lalu ide ini sudah tercetus, saya pikir kan Waktu itu VW tidak ada matic, makanya saya tawarkan pakai mobil sasisnya Jepang tapi bentuknya VW. Klien mau karena perawatannya jauh lebih mudah dan murah juga, Waktu itu sekitar 7 unit kita bikin dan kirim ke Jepang," ucap Yudi saat dihubungi Gooto pada Jumat, 31 Mei 2024.

Sementara itu, untuk VW Dakota ternyata merupakan permintaan dari Gilang Widya Pramana yang dikenal juga sebagai pemilik dari PO Bus Juragan 99.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan, VW Dakota memakai basis Suzuki Carry karena terbilang lebih mudah karena hanya mendapatkan sedikit ubahan.

"Perubahan tentu saja ada terutama pada bagain wheelbase namun sedikit sekitar 20 cm. Sebenarnya kalau diadopsi dengan mobil lain bisa namun tentu ubahannya cukup banyak dan tidak praktis," dia menambahkan.

Pembuatan VW Dakota memakan waktu sekitar 1 tahun. Pengerjaan memakan waktu yang cukup lama disebabkan pembuatan bodi hingga detail akhir.

"Bodi VW Dakota semua bentuk kami bikin dari awal karena Dakota asli sudah jarang banget. Jadi bikin dasarnya dari Kombi Brazil dulu kemudian pilar utamanya dari A ke B kita ganti semua seperti pintu-pintunya, lantai, kepala atas kita ganti semua. Lalu kita lakukan penyesuaian agar mirip seperti aslinya. Setelahnya badi jadi barulah kita naikkan sasis dan mesinnya," dia menjelaskan.

Yumos Garage Sulap Suzuki Carry Jadi VW Dakota. (Foto: Yumos Garage)

Selanjutnya untuk urusan interior, Yudi melakukan penyesuaian dengan penggunaan serta permintaan dari kliennya.

"Tentunya kita tanyakan dulu ini mobil untuk apa, karena kita akan ada penyesuaian," tutur dia.

Terakhir mengenai Harga, tergantung juga tergantung dari tangkat kerumitan serta mobil disiapkan oleh siapanya.

"Harga tergantung dari klien apakah mau mobil dari kami atau membeli sendiri. Kalau untuk mobil dari mereka sekitar Rp 600 juta," Yudi menutup.

Pilihan Editor: Chery Luncurkan Interior Baru untuk Mobil Listrik Omoda E5

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi