Nissan Kembali Recall 80 Ribu Unit karena Masalah Airbag
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Juni 2024 06:00 WIB
Nissan Logo (autoevolution.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika Serikat mengeluarkan perintah agar Nissan melakukan program recall. Keputusan itu dibuat karena mobil Nissan mengalami masalah pada airbag Takata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Carscoops, Minggu, 2 Juni, regulator tersebut mengatakan ada sekitar 83.920 unit kendaraan Nissan keluaran tahun 2002-2006 terdampak masalah ini di Amerika Serikat (AS). Masalah tersebut dapat meningkatkan risiko kematian ketika terjadi kecelakaan.

Setelahnya, pabrikan Jepang itu langsung mengeluarkan peringatan mendesak “Do Not Drive” dengan model yang terdampak, termasuk Sentra keluaran 2002-2006, Pathfinder 2002-2004, dan Infiniti QX4 produksi 2002-2003.

Pemilik kendaraan diimbau segera memeriksa apakah kendaraannya masuk dalam penarikan. Ini dapat dilakukan secara sederhana dengan memeriksa Recall Lockup Tool NHTSA dengan memeriksa pelat nomor dan nomor identifikasi kendaraan.

Selain itu, pemilik kendaraan yang terdampak juga dapat menghubungi jaringan dealer setempat demi mengatasi masalah tersebut. Sejumlah dealer dipastikan tidak memungut biaya alias gratis atas masalah ini.

Dealer lain mungkin akan menjadwalkan mekanik keliling untuk mengganti airbag di lokasi. Beberapa dealer bahkan menawarkan kendaraan pinjaman kepada para pemilik mobil yang terkena dampak recall.

Diketahui, inflator kantung udara dari Takata yang dapat meledak menjadi pemicu recall tersebut. Bahkan, kecelakaan sekecil apapun dapat mengakibatkan meledaknya kantung udara Takata yang mengakibatkan cedera bahkan kematian.

NHTSA juga mencatat bahwa seiring bertambahnya usia kendaraan dan kantung udaranya, pemiliknya akan menghadapi risiko yang lebih tinggi.

Mundur lebih jauh, pada 2013 terjadi recall massal yang melibatkan jutaan kendaraan dari berbagai merek akibat masalah airbag tersebut. Karena insiden ini, Takata mengalami kebangkrutan pada 2018.

Sejak 2009, kasus airbag Takata mencuat. Tercatat lebih dari 30 kasus kematian di seluruh dunia serta ratusan korban cedera, 26 di antaranya terjadi di AS.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Italia: Bagnaia Juara, Jorge Martin Terpeleset

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi