MotoGP Kazakhtan Resmi Gantikan Seri India di Musim 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 6 Juni 2024 13:00 WIB
Ilustrasi MotoGP. REUTERS/Bruna Casas
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMotoGP secara resmi mengumumkan bahwa MotoGP Kazakhstan akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Grand Prix India yang dibatalkan dalam kalender 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepastian tersebut disampaikan setelah promotor MotoGP India mengumumkan bahwa balapan tahun ini dibatalkan pada Selasa 29 Mei 2024 dan baru akan dijadwalkan ulang pada Maret 2025.

Dorna awalnya berniat memasukkan MotoGP Kazakhstan, yang awalnya akan diadakan pada Juni namun harus diundur karena banjir besar di wilayah tersebut, ke slot pada akhir pekan yang sebelumnya ditempati GP India.

Para pejabat MotoGP juga telah mengkonfirmasi perubahan tersebut, dengan menempatkan putaran Kazakhstan pada 20-22 September.

MotoGP mengutip "pertimbangan operasional" dan "kondisi cuaca" yang tidak sesuai untuk menyelenggarakan putaran India pada bulan September. Dengan panas dan kelembaban di Sirkuit Internasional Buddh yang diketahui menimbulkan banyak masalah tahun lalu.

Dilansir dari Speedweek, Dorna memahami alasan sebenarnya dari pembatalan acara 2024 adalah masalah keuangan. Promotor lokal nyatanya melanggar kontrak yang telah ditandatangani dengan Dorna.

Organisasi ini sebelumnya bersikeras bahwa balapan tahun 2024 akan berjalan sesuai rencana. Namun,terdapat keraguan tentang balapan ini terutama disebabkan oleh pemilihan umum yang sedang berlangsung di negara tersebut.

Dorna akhirnya bertindak cepat untuk menjadwal ulang putaran Kazakhstan ke dalam slot tersebut, setelah Sirkuit Internasional Sokol dan penyelenggara mengonfirmasi bahwa acara tersebut dapat dikoordinasikan untuk akhir September.

Ini berarti GP Kazakhstan perdana akan memulai perjalanannya sebagai leg pertama dari tiga seri yang akan digelar bersama Indonesia (27-29 September) dan Jepang (4-6 Oktober).

Pilihan Editor: Bos Federal Oil Mendukung Penuh Marquez Bersaudara Raih Kemenangan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi