Kenali Penyebab serta Mengatasi Aki Mobil Soak
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 6 Juni 2024 14:00 WIB
Pengunjung melihat mesin Wuling Alvez yang dipamerkan dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Senin 20 Februari 2023. Wuling Alvez mengusung mesin bensin 1.485cc 4 silinder DOHC yang menghasilkan tenaga 105 HP di 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di 4.000-4.600 rpm. Tenaga mesin disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual 6 kecepatan dan otomatis CVT. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aki mobil soak menjadi tanda bahwa tidak ada aliran listrik ke seluruh komponen kelistrikan mobil atau komponen yang perlu dialiri listrik. Alhasil, mobil akan susah dinyalakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aki pada mobil sama halnya seperti komponen lain, yakni mempunyai batas usia pemakaian.

Umumnya, aki mobil yang soak bisa ditandai dengan susah hidup waktu pagi hari. Aki yang bermasalah tentu dapat mengganggu perjalanan dan membuat mobil tidak dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya, tugas utama aki mobil adalah bertanggung jawab pada proses kerja komponen kelistrikan mobil sehingga tak boleh disepelekan.

Dilansir Wuling.id, berikut penjelasan beberapa ciri-ciri aki mobil soak, lemah dan harus diganti.

1. Mobil Sulit Dihidupkan

Ciri yang paling mudah dikenali adalah ketika mesin mobil sulit dihidupkan. Jika mendengar suara listrik mengalir ke sistem starter mesin, tetapi mobil tetap tidak menyala, ini bisa menjadi indikasi bahwa aki mulai melemah. Air aki yang berada di bawah minimal dapat menyebabkan masalah ini, sehingga daya listrik tidak dapat mengalir dengan baik.

2. Klakson dan Lampu Mobil Lemah

Klakson dan lampu mobil yang melemah juga merupakan ciri aki yang lemah. Klakson tidak berbunyi dengan kencang dan lampu mobil menjadi redup. Jika mengalami hal ini, segera periksa aki mobil, karena kondisi ini dapat membahayakan Anda terutama saat digunakan pada malam hari.

3. Lampu Indikator Menyala

Ketika tegangan listrik pada aki mobil menurun, hal ini seringkali ditunjukkan oleh lampu indikator yang menyala secara konstan di dashboard mobil. Lampu indikator ini berfungsi sebagai peringatan dini bahwa ada masalah dengan sistem kelistrikan mobil, dan dalam konteks ini, secara khusus menunjukkan masalah pada aki.

4. Muncul Aroma Aneh Saat Mesin Mobil Dinyalakan

Jika mencium bau yang berasal dari aki mobil saat mesin dihidupkan, ini bisa menjadi pertanda bahwa aki sudah lemah. Aki yang soak atau rusak serius bisa mengeluarkan bau karena sel-sel di dalam aki mulai rusak.

Jika mengalami masalah ini, sangat disarankan untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mereka dapat melakukan tes pada aki dan sistem kelistrikan untuk menentukan penyebab pasti dan solusi yang tepat. Mengabaikan bau aneh bisa berisiko menyebabkan kerusakan lebih serius pada mobil Anda.

5. Aki Mencapai Batas Usia Pakai

Aki mobil memiliki batas usia pakai dan kemampuannya akan menurun seiring bertambahnya usia. Umur aki mobil yang ideal biasanya adalah sekitar 1,5 tahun atau 30.000 kilometer pemakaian, sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Setelah, mengetahui bagaimana ciri aki soak. Lalu, bagaimana jika aki mobil mengalami soak? Simak penjelasan secara mendalam dan komprehensif mengenai aki mobil soak, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

1. Jumper aki (jump start)

Hal pertama sekaligus hal yang paling mudah sebagai cara servis aki mobil soak adalah dengan melakukan jumper aki atau jump start. Caranya adalah dengan menggunakan kabel jumper atau kabel penghubung antara aki mobil yang baik dengan aki mobil yang soak.

Setelah itu, nyalakan mesin mobil yang baik dan biarkan mesin tersebut menyala selama beberapa menit. Kemudian, coba nyalakan mesin mobil yang soak.

2. Cek aki secara berkala

Cara mengatasi aki mobil soak lainnya adalah dengan selalu melakukan cek aki secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi aki selalu dalam keadaan baik dan tidak cepat soak. Cek aki bisa dilakukan di bengkel ataupun di  rumah sendiri dengan menggunakan alat multimeter.

3. Rutin memanaskan mobil

Cara mengatasi aki mobil yang soak lainnya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar mesin tetap dalam kondisi baik dan tidak mudah rusak.

4. Hindari penggunaan aksesori yang berlebihan

Penggunaan aksesori yang berlebihan seperti lampu strobo, lampu neon, dan lain-lain dapat membuat daya tahan aki menjadi cepat habis dan mudah soak.

Pilihan Editor: Forester Jadi Mobil Terlaris Ke-3 Subaru di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi