HPM Raih Zero Accident Award
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 Oktober 2009 14:35 WIB
Logo Honda yang berhasil menguasai 11,2% pangsa pasar otomotif nasional di bulan September.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah prestasi kembali dicatatkan PT Honda Prospect Motor (HPM). Pemegang merek Honda di Indonesia itu menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil atau 'Zero Accident Award' dari pemerintah Republik Indonesia yang diberikan langsung Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (14/10) kemarin.

Prestasi ini dicapai HPM setelah mengumpulkan jam kerja tanpa kecelakaan sebanyak 17.500.090 jam kerja. Hasil tersebut diperoleh dari penghitungan sejak 20 April 2006 sampai dengan 30 September 2009. Berdasarkan syarat yang diajukan pemerintah, sebuah perusahaan layak menerima penghargaan ini setelah mengumpulkan 6.000.000 jam kerja tanpa kecelakaan atau tidak kehilangan jam kerja selama 3 tahun berturut-turut. 

"Di Honda kami percaya bahwa produk dengan kualitas tinggi hanya akan tercipta dari lingkungan dimana karyawan dapat bekerja secara aman dan nyaman. Keselamatan kerja selalu menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan produksi Honda," kata Yukihiro Aoshima, President Director PT HPM.

Selain sebagai pemasar resmi merek Honda di Indonesia, PT HPM juga memproduksi sendiri model-model Honda yang telah menjadi favorit masyarakat seperti Honda Jazz, Honda CR-V, Honda Freed. Produksi tersebut dilakukan di pabrik seluas 52.000 meter persegi yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.  

Pabrik yang didukung oleh sekitar 3.000 karyawan tersebut mampu memproduksi sebanyak 50.000 unit per tahun. Bahkan, dengan kapasitas yang dimilikinya, pabrik PT HPM telah ditunjuk menjadi basis produksi Honda Freed--MPV terbaru Honda--untuk kawasan Asia Tenggara.  

”Dengan tingkat produksi Honda yang terus meningkat dari tahun ke tahun, perhatian terhadap keselamatan kerja semakin menjadi prioritas utama, baik dalam memastikan proses kerja yang aman maupun menciptakan lingkungan kerja yang kondusif,” tambah Yukihiro Aoshima.

Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungannya, PT HPM membentuk Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). Panitia ini bertugas menjamin ketersediaan perangkat keselamatan seperti Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai standar untuk beragam lini produksi, sistem proteksi kebakaran, mobil emergency, dan sebagainya.  

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi