Citroen DS3, Hatchback Premium Pesaing MINI dan Fiat 500  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 26 Januari 2010 19:29 WIB
Citroen DS3 yang akan diboyong ke arena Geneva Auto Show Maret mendatang sekaligus mulai dipasarkan. (www.netcarshow.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta -Diam-diam pabrikan otomotif asal Prancis, Citroen, memendam obsesi untuk memproduksi mobil kecil premium. Bahkan, mobil bernama Citroen DS3 itu akan diboyong ke arena Geneva Auto Show Maret mendatang sekaligus mulai dipasarkan.

Pabrikan ini memproduksi mobil kecil mewah itu dalam beberapa varian mesin. “Bisa mesin bensin dan diesel dengan kapasitas 1.6 Liter,” ujar sumber di Citroen seperti dikutip autoevolution.

Mesin tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Citroen dengan PSA/BMW. Sumber Citroen menyebutkan untuk varian mesin bensin diklaim mampu menyemburtkan tenaga mulai dari 90 hingga 120 daya kuda.

Bahkan mesin bensin yang dilengkapi turbocharger mampu menyemburkan tenaga hingga 150 daya kuda dan akselerasi kecepatan 0 – 100 kilometer per jam dicapai dalam tempo 7,3 detik.

Sementara untuk varian mesin diesel ditawarkan dalam dua tipe yaitu mesin dengan tenaga hingga 90 daya kuda dan 110 daya kuda. Kendati bermesin diesel namun varian ini diakui sebagai green car karena konsumsi bahan bakarnya satu liter untuk 33,3 kilometer jarak yang ditempuh. “Emisi gas buangnya mencapai 99 gram per kilometer,” tandas sumber tersebut.

Mobil hatchback tiga pintu yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat bagi MINI dan Fiat 500 itu dibanderol 11.700 – 19.000 poundsterling atau sekitar Rp 176 – Rp 286 juta. Namun harga itu untuk kawasan Eropa.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi