BMW Perkenalkan Mobil Konsep Generasi Seri 8
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 April 2010 13:37 WIB
BMW Grand Coupe. Dok; BMW

TEMPO Interaktif, Beijing:"Inovasi atau mati". Jargon itu nampaknya berlaku di kalangan pabrikan otomotif. Sehingga, tak heran bila mereka saling berlomba untuk menghadirkan model anyar guna memikat konsumen.

Bayerische Motoren Werke (BMW) adalah salah satunya. Memanfaatkan perhelatan Beijing Auto Show 2010, pabrikan itu memperkenalkan mobil konsep Gran Coupe, coupe empat pintu. Mobil yang disebut-sebut sebagai generasi pertama di klan seri 8 ini, akan menjadi pesaing berat dari Porsche Panamera, Maserati Quattroporte, dan Audi A7.

BMW mengaku, mobil itu dirancang dengan memadukan kemampuan Gran Turismo dengan mobil sport. Sehingga, meski memiliki panjang hampir lima meter, konsepnya masih memancarkan fitur klasik dari semua model coupe produksi pabrikan asal Jerman itu.

"Gran Coupe merujuk pada model saloon. Ini merupakan penggabungan keanggunan sedan seri 7 dengan karakter yang lebih dinamis sporty. Sehingga performanya jauh diatas mobil penumpang," tutur Adrian van Hooydonk, BMW Design Chief seperti dikutip autoevolution, Sabtu (24/4).

Memang, secara tampilan aura mobil saloon dan sport begitu kental di mobil tersebut. Dari dimensi panjang dan tinggi misalnya. Gran Coupe ini 100 milimeter lebih rendah dari sedan seri 7. Sehingga tinggi mobil ini hanya 1,4 meter. Begitu pun dengan panjangnya, lebih pendek ketimbang saloon BMW itu.

Sementara itu, sumber BMW lainnya seperti dikutip autocar mengatakan, Gran Coupe itu bakal diproduksi pada 2012 mendatang. Mobil itu akan menggunakan platform BMW seri 5 dan seri 7 yang ada saat ini. "Begitu pun dengan di dapur pacunya, menggunakan mesin diantara keduanya," sebut sumber itu.

Gran Coupe yang mulai diproduksi 2012 itu merupakan kelanjutan dari proyek Konsep CS yang digagas empat tahun yang lalu. Seperti diketahui, proyek tersebut dihentikan oleh BMW guna memberikan kesempatan proyek kendaraan kecil, city car.

"Sekarang kami telah memiliki kesempatan untuk memulainya lagi sejaligus memperbarui CS, dan saya pikir semua orang di BMW akan puas dengan hasilnya," kata Hooydonk.

Meski demikian tak menyebut, Gran Coupe itu merupakan cikal bakal generasi seri 8. "Itu terserah itu departemen pemasaran BMW untuk memutuskannya (memberi nama)," tandas dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi