Aston Martin DB4 James Bond Dilelang 22 Mei
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Mei 2010 11:35 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, London - Rumah lelang Bonhams, Inggris, 22 Mei mendatang akan melelang sedan coupe Aston Martin DB4 1962 yang digunakan untuk pengujian efek khusus film pertama James Bond ‘Goldfinger’. Nilai jual mobil itu ditaksir 40 – 50 ribu poundsterling atau sekitar Rp 551 – Rp689 juta.

“Mobil (yang digunakan di film) James Bond jarang sekali yang dijual. (sehingga) untuk mendapatkan Aston Martin James Bond itu merupakan hal yang hampir tidak mungkin, berapa pun harganya,” tutur Tim Schofield Kepala Departemen Kolektor Motorcars Inggris seperti dikutip autoevolution.com, Rabu (12/5).

Menurut Schofield, mobil itu menggabungkan sejumlah gadget serta berbagai piranti canggih sebagaimana yang digambarkan dalam cerita detektif James Bond itu. Performa mesin, kecepatan, fitur canggih, serta rancang bangun yang lain dari yang lain pada zamannya, merupakan nilai lebih dari mobil tersebut.

Aston Martin DB4 pertama kali diperkenalkan pada 1958 di gelaran London Motor Show dan diproduksi hingga 1963. Mobil ini dibekali mesin 3.670 cc twincam enam silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 bhp pada 5.500 rpm.

Soal kecepatan, Aston Martin – sang produsen- mengaku, DB4 itu bisa digeber hingga 224 kilometer per jam. Bahkan, akselerasi dari posisi diam atau 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dicapai dalam tempo 8,5 detik.

Pabrikan asal Inggris itu menambahkan, DB4 itu juga dilengkapi fitur canggih berupa sistem transmisi, rangka, serta sistem suspensi baru. Sistem transmisinya, menggunakan synchromesh empat kecepatan, plat kopling kering tunggal.

Sedangkan kerangka menggunakan plat baja tipe fabrikasi. Adapun sistem suspensi depan menggunakan Wishbone independent coil springs anti-roll bar, dan suspensi belakang menggunakan beam axel, coil springs, twin radius arms, dan watts linkage.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi