Tips Memilih Pelapis Jok yang Nyaman dan Ramah Lingkungan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 23 November 2010 10:57 WIB
MBTech New Superior. TEMPO/Arif Arianto
Iklan
Iklan
TEMPO Interaktif, Jakarta - Tak ubahnya sebuah produk fashion, gaya modifikasi interior mobil juga terus berkembang seiring perjalanan waktu. Hanya, kini berbarengan dengan isu global tentang ramah lingkungan, gaya mendandani bagian dalam mobil khususnya jok juga mengusung tema tersebut.

Maklum, saat ini bahan bakar fosil juga terus menipis jumlahnya. Sehingga mau tidak mau, orang harus memilih berhemat atau mengeluarkan ongkos yang jauh lebih mahal untuk membeli bahan bakar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Satu di antara cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar adalah penggunaan pelapis jok yang tepat,” tutur Edi Pamungkas, Techincal Brand Manager PT Polystar International, distributor pelapis jok MBtech kepada Tempo di Jakarta, Selasa (23/11).

Pasalnya, jok yang tak mudah menyerap panas dan cepat melepas hawa panas akan meringankan kerja peranti pendigin ruangan (AC). Pengguna mobil tak perlu menyetel AC hingga tingkat terdingin. “Sehingga, penggunaan bahan bakar juga lebih hemat,” terang Edi.

Hanya, bagaimana cara mendapatkan pelapis jok seperti itu? Seperti apa padu padan warna dan bahan pelapis jok tersebut? Sehingga selain bergaya juga nyaman dan aman digunakan? 

Berikut Edi Pamungkas berbagi tips untuk Anda:

1. Pilih tukang pembuat jok yang terpercaya

Sebelum mewujudkan keinginan memasang pelapis jok idaman, konsumen disarankan memilih pembuat jok yang jujur, tepercaya, bonafid, dan memiliki standar kualitas pekerjaan yang baik. 

Mintalah rekomendasi dari distributor pelapis jok ihwal tukang yang memiliki kualifikasi seperti itu. “Selain menghindari oknum nakal, dengan memilih tukang jok seperti itu, tujuan untuk mendapatkan pelapis jok yang sesuai keinginan akan tercapai,” kata Edi.

Setelah itu mintalah perhitungan yang cermat mulai dari bahan yang digunakan, kelebihan dan kekurangannya. 

2. Jangan mudah tergiur harga murah

Sering kali toko dan pembuat jok mengiming-imingi bahan pelapis jok dengan harga murah, bahkan dengan merek yang sama sekali pun. Edi mewanti-wanti jangan mudah tergiur tawaran tersebut.

“Karena harga pelapis biasanya sudah standar. Bila lebih murah ada dua kemungkinan palsu atau dicampur antara kualitas pertama dengan kualitas kedua, bahkan ketiga,” terang dia.

Untuk memastikan keaslian bahan tersebut, sebaiknya Anda memeriksa color swatch atau color sample satu product. Lihatlah bagian dasar atau belakang apakah terdapat logo sesuai merek yang diinginkan. Bila perlu mintalah jaminan keaslian kualitas dari toko atau tukang jok tersebut.

3. Pilih bahan yang berlapis pelindung ultra violet

Sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan pelapis jok yang ramah lingkungan, pastikan bahan yang Anda pilih memiliki lapisan pelindung ultra violet. 

Pelindung tersebut tidak hanya menjadikan pelapis jok awet baik warna maupun kekuatannya (tidak getah atau mudah robek), tetapi juga tidak membuat kabin mobil panas. “Lapisan itu akan menolak terpaan terik sinar matahari saat mobil di parkir di tempat terbuka, dan cepat melepas hawa panas di kabin,” jelas Edi.

Kini, bahan pelapis yang memiliki standar kualitas seperti itu banyak ditawarkan di pasaran. Bahkan, ada merek tertentu yang mampu melepas hawa panas kurang dari lima menit.

“Cara untuk menguji ini bahan cukup mudah, mintalah potongan bahan kepada penjual. Kemudian jemurlah 20 – 30 menit. Setelah itu bawa ke ruangan berpendingin udara. Bila dalam waktu kurang dari 5 menit bahan terasa dingin kembali berarti bahan itu bagus,” ujar Edi.

4. Pilih bahan tahan air

Pilih bahan yang memiliki daya tahan terhadap guncangan dan tarikan. Artinya, bahan tersebut bersifat elastis namun tidak melar ketika diduduki atau bahkan tertarik di saat mobil berguncang. Bahkan bila usia sarung jok sudah cukup lama, bahan yang memiliki sifat itu tidak akan retak atau sobek.

Menurut Edi, cara untuk melakukan pengujian sifat ini cukup gampang, yaitu dengan meremas-remasnya. Bahan yang baik akan terasa lentur, tidak kaku, serta cepat kembali ke bentuk semula. “Artinya tidak kusut atau membekas,” tandasnya.

Pastikan juga bahwa bahan kedap air atau zat cair lainnya. Untuk mengujinya cukup mudah, mintalah potongan bahan lantas tuangi air secukupnya, dan diamkan selama 2-5 menit.

Bila air tidak merembes atau bagian bawah permukaan tidak terlihat bayangan air, berarti bahan itu bagus. Bahan yang kedap air itu sangat penting, tidak saja bagi jok mobil tetapi juga kesehatan dan kenyamanan di dalam mobil.

5. Padu-padan warna dan ramah lingkungan

Meski bahan yang baik telah dilengkapi pelapis pemantul sinar ultra violet, namun bila Anda ingin memadu-padankan warna pelapis agar tampilan lebih bergaya, gunakan warna yang cerah. Pasalnya warna yang cerah tidak saja memberikan kesan segar, namun lebih mudah memantulkan terik panas yang menerpa.

Agar tampil lebih sporty dan segar, gunakan bahan pelapis yang memiliki motif kulit atau motif big dot. Namun, untuk motif tersebut sebaiknya mintalah saran pada tukang jok atau ahli dari distributor pelapis jok untuk disesuaikan dengan jenis mobil Anda, apakah citycar, sedan, MPV, atau SUV.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi