Peugeot 5008: Si Penantang Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 7 Desember 2010 22:08 WIB
Peugeot 5008
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Raut wajah Contantinus Herlijoso, Chief Executive Officer PT Astra International Peugeot Sales Operation, terlihat semringah akhir November lalu. Ia pun mengaku bungah, karena mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Peugeot 5008 yang ia tunggu-tunggu beberapa bulan sebelumnya, tiba tepat waktu di tanah air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, yang membuat Herli -- sapaan akrab Herlijoso -- lebih bungah lagi adalah, fitur yang dijanjikan Peugeot Perancis pada MPV itu tak mengalami perubahan yang signifikan. "Hanya pada letak kemudi saja, kalau di Eropa di kiri tetapi di Indonesia di kanan. Selebihnya persis yang ada di negara-negara Eropa," tutur dia.

Lengkapnya fitur ini membuat Herli optimistis MPV ini bakal diterima pasar. Setidaknya ada tiga alasan yang disodorkan Herli mengapa ia begitu yakin. Pertama, positioning mobil ini di segmen MPV dinilai tepat. Kedua, dari aspek teknologi mesin dan fitur pendukungnya memiliki keunggulan kompetitif yang tinggi. Ketiga, waktu peluncuran mobil tepat di saat menjelang pergantian tahun.

Memang, dengan banderol mulai Rp 475,5 juta, positioning sebagai MPV medium mewah tidaklah berlebihan. Setidaknya, itu sepadan dengan keunggulan fitur yang ditawarkan monil 7 penumpang ini.

Pada sisi lain, peta persaingan di pasar menunjukkan jumlah MPV kelas ini bisa dihitung dengan jari. Praktis, hanya ada Toyota Wish, Mitsubishi Grandis, serta Volkswagen Touran yang menjadi pesaing terkuat Peugeot 5008.

Meski tak sebesar permintaan MPV low end namun tren pertumbuhan MPV medium terus meningkat. "Kalau tahun lalu, segmen MPV menggenggam porsi 60-65 pangsa pasar, sepertiga lebih dari porsi itu adalah MPV medium, jadi prospek pasar cukup bagus," terang Herli.

Mencorongnya segmen pasar MPV medium itulah yang memantik rasa percaya diri Peugeot Indonesia. Terlebih, Herlijoso mengklaim mesin dan fitur MPV yang dipasarkannya itu memiliki keunggulan tersendiri.

Fakanya, memang seperti itu. Peranti penunjang keamanan aktif seperti Electronic Stability Programme (ESP), Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Parking Brake (EPB), Brake Assist (BA) dan Electronic Parking Assist (EPA), misalnya menjadi fitur standar.

Selain itu terdapat ventilated disc dengan diagonal circuit di roda bagian depan dan sistem disc diagonal circuit pada roda belakang. Peugeot juga melengkapinya dengan peranti penunjang keamanan secara pasif seperti sabuk pengaman tiga titik dengan seatbelt warning display unit dan lima point seat belts

Tak lupa, pabrikan itu menyematkan enam buah airbag yang terdiri dari dua unit didepan, dua unit di samping serta dua unit berupa tirai di bagian belakang. Perangkat lainnya adalah isofix seat mounting, pedestrian impact, serta reinforced safety cage. Sejumlah perangkat keamanan tersebut membuktikan bahwa mobil ini memiliki standar keamanan dan keselamatan khas Eropa.

Oke, bicara soal tampilan eksterior MPV asal Perancis ini memang minimalis namun memancarkan kesan futuristik. Hal itu terlihat mulai dari desain gril depan yang bertingkat, lampu belakang yang menyatu dengan pilar C.

Begitu pula dengan tampilan lampu belakang yang menggunakan Light Emitting Diode (LED) untuk memberikan visual yang jelas, yaitu mudah terlihat oleh kendaraan atau orang lain yang berada di belakang maupun samping.

Interior, nah, ini juga bisa jadi nilai jual. Desain Multiflex Interior membuat semua kursi bisa dilipat sesuai kebutuhan. Selain itu, bagian kursi baris depan memiliki lebar 1, 47 meter, baris tengah 1,52 m, dan belakang 1,34 m sehingga pengemudi maupun penumpang memiliki ruang selonjoran kaki yang lebih dari cukup.

Kesan segar, lega dan juga ditopang oleh atap panoramic serta perangkat hiburan audio visual yaitu LCD monitor dan DVD multimedia system.

Performa mesin yang diusung juga cukup menggoda calon pembeli. Meski hanya berkapasitas 1.600 cc empat silinder tapi dilengkapi dengan twin scroll turbocharger. Mesin yang ditunjang automatic gearbox 6 speed ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 156 daya kuda dan torsi 240 Newton meter. Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam dicapai hanya dalam tempo 8,9 detik.

Berbekal fitur terkini, tampilan yang cukup menggoda, Peugeot Indonesia sedari awal merencanakan agar MPV itu bisa diluncurkan menjelang akhir tahun. Ihwal jadwal itu, Herlijoso punya alasan tersendiri. Menurutnya, pengujung tahun menjadi waktu orang melakukan evaluasi dan perencanaan ke depan termasuk rencana membeli mobil baru.

"Karena itulah, di pengujung tahun saya kira waktu yang tepat. Peugeot 5008 adalah produk yang tepat dan hadir di saat yang tepat pula," klaim Herlijoso.

Memang bukan perkara mudah memasuki pasar yang sudah dihuni nama-nama lawas. Tapi Peugeot tetap percaya diri. Apalagi dengan status 5008 sebagai 1st in the MPV caterory in Great Britain dan Scottish MPV of the Year.

Berapa target penjualan? Herli mengaku tak muluk-muluk, cuma 30 unit. Namun, ia mengaku telah mendapatkan start awal yang bagus. "Sudah tujuh unit yang dipesan oleh konsumen brand loyalist Peugeot," imbuh dia. Oh ya?

SPESIFIKASI

Mesin: EP6CDT Turbo, 16 valve, VVT, VVLKapasitas: 1.598 ccTenaga: 156 hp @ 5.800 rpmTorsi: 240 Nm @ 1.400 rpmTransmisi: Automatic gearbox 6 speedPanjang: 4529 mmLebar: 2.118 mmTinggi: 1.644 mmWheelbase: 2.727 mmSuspensi depan: Independent Mac Pherson, built-in coil spring and integrated hydraulic shock absorbersSuspensi belakang: Independent trailed arm, transverse torsion bar, hydraulic shock absorbersRem depan: Ventilated Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBARem belakang: Disc with Diagonal Circuit System ESP, ABS, EBD, & EBABan: 215 / 50 R17 V, Alloy

RIVAL

Posisi Peugeot 5008 cukup unik di pasar Indonesia. Dengan harga Rp 475,5 juta (on the road Jakarta), Peugeot ternyata tidak ingin menyebut 5008 sebagai MPV premium. Artinya, mobil berlambang kepala singa ini takkan berhadapan dengan pemain segmen premium MPV seperti Toyota Alphard, Mercedes-Benz Viano, Nissan Elgrand, Volkswagen Caravelle, atau Honda Odyssey.

Turun ke bawah ada Toyota Wish, Mitsubishi Grandis, dan Volkswagen Touran. Nah, Peugeot menyebut rival terdekat mereka adalah nama terakhir, Volkswagen Touran.

"Di Eropa lawan kita VW Touran. Kita tidak menyebut ini luxury MPV tapi lebih kepada compact MPV jadi kita tidak akan melawan yang lebih besar seperti Alphard," kata Constantinus Herlijoso Chief Executive Astra International-Peugeot.

Spesifikasi VW Touran TSI 1.4 A/T Highline

Mesin: 4-cylinder petrol engine, TSI direct injection/twin charger (supercharger & turbocharger)Kapasitas: 1.390 ccTenaga: 103 kW (140 ps)/5600 rpmTorsi: 220 Nm/1500 rpmTransmisi: 6-speed auto DSG Dual Clutch GearboxRp 473 juta

ARIF ARIANTO 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi