Fiesta Laris, Ford Siap Boyong Versi Sedan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Januari 2011 00:01 WIB
Ford Fiesta sedan di ajang Guangzhou Auto Show 2010. (autoincar.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Laris manisnya penjualan Ford Fiesta, PT Ford Indonesia (FMI) berencana memboyong Ford Fiesta versi sedan ke Indonesia pada pertengahan tahun ini. Langkah ini juga untuk menggerek angka penjualan dan menambah jajaran produk Ford di tanah air.

Sebagai pendatang baru, angka penjualan Ford Fiesta tahun 2010 lalu cukup mengejutkan. Meski baru diluncurkan pada November, hatchback andalan Ford itu mampu terjual hingga 1.485 unit sampai bulan Desember.

Secara total, Ford berhasil meningkatkan penjualan hingga 40% di banding 2009 menjadi 8.871 unit. Ranger menjadi penyumbang terbanyak setelah terjual 5.651 unit. Selanjutnya ada Ford Focus sedan (1.559 unit), Ford Everest (1.197 unit), Ford Escape (446 unit), dan Ford Focus Sport TDCi (18 unit).

"Fiesta kita targetkan menjadi penyumbang penjualan kedua terbanyak di 2011, setelah Ford Renger. Sampai saat ini order yang kami terima sampai 1.200 unit. Ini hasil yang luar biasa," kata Will Angove, Presiden Direktur PT FMI pada acara Media Roundtable Ford di Grand Indonesia, Kamis (20/1) siang.

Will mengakui jika tahun lalu pihaknya hanya mendapat jatah 500 unit Fiesta tiap bulannya. Ia berharap angka ini bisa bertambah guna memenuhi permintaan pasar di Indonesia.

Ketika ditanya soal harga, Will menyebut harga Fiesta sedan akan lebih mahal dibandingkan model hatchbacknya. Hal itu karena bea masuk sedan yang mencapai 40% sedangkan model hatchback 20%.

"Jika dihitung perbedaannya bisa sekitar Rp 40 jutaan," kata Will tanpa menyebutkan soal mesin versi sedan yang akan dibawa.

Saat ini, Ford menawarkan empat model Fiesta hatchback yaitu Fiesta Style 1.4L MT Automatic (dibanderol Rp 168 juta) Fiesta Trend 1.4L MT (Rp 178 juta), Fiesta Trend 1.4L AT (Rp 188 juta), dan Fiesta Sport 1.6L AT (Rp 216 juta).

Selain Fiesta sedan, Will mengakui jika pihaknya tahun ini tidak akan memperkenalkan produk anyar (all new). Ia menyebut hanya akan melakukan refreshment Ford Everest dan Ford Escape.

RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi