Ferrari Banderol Ferrari FF Mulai Rp 3,2 Miliar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 Maret 2011 22:01 WIB
The FF Ferrari (autoevolution.com)
TEMPO Interaktif, Jenewa - Produsen mobil mewah asal Italia, Ferrari SpA, membanderol mobil anyar Ferrari FF mulai US$ 359 ribu atau sekitar Rp 3,2 miliar (kurs US$ 1 = Rp 8.900). Pabrikan itu mengaku membidik keluarga kelas atas di seluruh dunia. 

Pabrikan itu juga optimistis, mobil itu bakal laris karena sesuai dengan kebutuhan keluarga mapan. "Ferrari FF adalah Ferrari yang dapat digunakan untuk keluarga dan untuk perjalanan jarak jauh," kata Luca Cordero, bos Ferrari saat pengenalan mobil itu di Montezemolo, seperti dilansir automotivenews.com, Kamis (3/3).

Memang, selain dibekali mesin dengan tenaga dahsyat dan diimbangi fitur keamanan dan kenyamanan, generasi paling gres di keluarga Ferrari itu juga memiliki bagasi yang luas, 450 liter. Kapasitas bagasi bisa diperbesar hingga 800 liter bila kursi bagian belakang dilipat.

“Mengendarai mobil ini Anda akan merasakan performa ekstrem sembari mengajak keluarga,” Fabio Barone, 38, ketua Passion Rossa Owners Club, sebuah komunitas pemilik mobil Ferrari.

Selain performa mesin, kenyamanan, dan desain yang apik, daya tarik lainnya adalah sistem penggerak empat roda yang digunakan. Teknologi penggerak empat roda (4WD) yang disebut 4RM yang memiliki bobot lebih ringan 50 persen dibanding sistem 4WD mobil merek dan jenis lain. 

Mengusung teknologi itu, Ferrari FF merupakan varian pertama di Ferrari yang berpenggerak empat roda. "Sistem penggerak itu merupakan pertanda sebuah revolusi bagi pemilik Ferrari," kata Barone.

Mobil ini mengusung mesin 6.300 cc V12 yang bertenaga 651 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 683 Newton meter pada 6.000 rpm. 

Berbekal tenaga itu, Ferrari FF mampu melesat hingga 325 kilometer per jam (kpj) dan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dalam tempo 3,7 detik. "Mobil ini juga menjadi mobil pertama Ferrari yang berpenggerak empat roda (4WD), dan dilengkapi nperanti transmisi dual clutch mobil F1," sebut siaran pers Ferrari. 

Meski disebut-sebut sebagai pengganti Ferrari 612 Scaglietti, namun mobil anyar itu lebih unggul ketimbang Scaglietti. Soal konsumsi bahan bakar misalnya, Ferrari FF lebih irit. Bahkan dibanding Ferrari California HELE (High Emotion Low Emission), mobil ini lebih irit 23 persen. 

Sementara laman classiccar.co.nz, menulis keiritan bahan bakar itu berkat teknologi 4WD yang disebut 4RM yang memiliki bobot lebih ringan 50 persen dibanding sistem 4WD mobil merek dan jenis lain. Selain teknologi HELE dan sistem Start-Stop. 

Ferrari mengklaim berkat sederet fitur canggih itu, tingkat konsumsi FF mencapai 15,4 liter untuk jarak 100 kilometer. Tingkat emisi CO2 pun merosot menjadi 350 gram per kilometer. Jumlah ini cukup rendah dibanding Ferrari 612 Scaglietti yang sebesar 470 gram per kilometer. 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi