Ini Cara Tepat Memilih dan Merawat Kaca Film
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 31 Maret 2011 10:58 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pelapis kaca mobil atau yang biasa disebut kaca film memiliki peran yang sangat penting. Selain menjadi sarana penutup pandangan dari arah luar ke dalam mobil, pelapis itu juga berfungsi menahan radiasi sinar matahari.

“Dengan kata lain, kaca film selain berfungsi sebagai tirai juga untuk melindungi penumpang mobil dari sengatan terik matahari dan menjaga suhu di kabin tetap sejuk saat Air Conditioner (AC) dinyalakan,” tutur Herman Susanto, pimpinan AGNI Sentral, distributor kaca film Spectrum di pasar mobil Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3).

Hanya, saat ini banyak sekali ragam kaca film di pasaran. Kualitas dan harganya pun beragam. Oleh karena itu, perlu kecermatan dalam memilih pelapis kaca itu sebelum memasangnya di kendaraan Anda.

Selain itu, sebagus apa pun kaca film itu, bila tidak dirawat dengan benar maka tidak akan memberikan fungsi maksimal. “Perlakuan yang salah pada kaca film bisa menyebabkan berbagai unsur pelindung yang ada rusak. Bahkan, pelapis itu mengelupas,” kata Herman.

Lantas bagaimana cara memilih kaca film yang tepat? Bagaimana pula cara merawatnya? Berikut tips dari Herman Susanto:

A. Cara memilih

1. Langkah pertama yang patut Anda perhatikan adalah mengamati warna atau tampilan pelapis tersebut. Pastikan warnanya cerah tidak buram apalagi belang-belang.

2. Pada kaca film yang asli biasanya terdapat cap atau print on film merek. Cap itu umumnya terdapat di bagian pojok atau pinggir lembaran.

3. Mintalah jaminan kualitas kaca film dari toko. Distributor kaca film asli akan memberikan kartu garansi kepada pembeli. Masa garansi yang diberikan bervariasi mulai 3 – 5 tahun.

4. Usahakan memasang kaca film tersebut di distributor resmi. Satu hal yang patut Anda ingat, pastikan teknisi yang memasang pelapis tersebut memperhatikan kebersihan di sekitar area pemasangan. Sebab, bila kotor maka debu akan menempel di kaca sebelum pelapis dilekatkan.

“Selain itu, debu menjadikan warna pelapis tersebut buram, cepat rusak atau menggelembung,” terang Herman.

B. Perawatan

1. Jangan membersihkan kaca film dengan cairan yang mengandung soda, sabun cuci , dan sampo rambut. Pasalnya, zat atau bahan-bahan itu akan menjadikan pelapis cepat mengelupas.

2. Hindari membuka kaca jendela mobil saat melintas di jalan yang berdebu. Hempasan debu yang menempel di karet jendela dan dalam jumlah banyak akan menjadikan pelapis tersebut berpotensi terkelupas atau baret.

3. Berhati-hatilah memasukkan barang-barang, terutama yang bersudut lancip, ke dalam mobil. Sebab, ujung barang tersebut bisa menggores pelapis kaca itu dan menjadi titik awal pelapis terkelupas.

ARIF ARIANTO


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi