Rolls Royce Phantom VI Mengantar Kate ke Gereja
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 29 April 2011 17:21 WIB
Rolls Royce Phantom VI. AP/Martin Meissner
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, London - Rolls Royce Phantom VI, mobil besutan produsen mobil asal Inggris itu, membuat catatan baru dalam lembaran sejarah monarki Inggris. Pasalnya, mobil ini menjadi saksi pernikahan pewaris tahta kedua kerajaan, Pangeran William, dengan Kate Middleton.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dilansir usatoday.com, hari ini, 29 April 2011, Phantom dipilih Kate menjadi tunggangannya menuju Gereja Westminter Abey untuk mengikat janji dengan sang Pangeran.

"Phantom VI menggantikan empat ekor kuda yang menarik kereta yang ditunggangi oleh sang mempelai wanita seperti kebiasaan sebelumnya," laman itu menulis.

Ya. Kate telah mengubah tradisi proses pernikahan monarki itu. Sebelumnya, dalam upacara pernikahan keluarga kerajaan Inggris menunggangi kereta kuda Glass Coach.

Bahkan, ibunda William, Putri Diana saat menikahi Pangeran Charles - ayah William- pada 1981 juga menunggangi kereta yang dibuat pada 1881 itu. Tapi, kini kereta itu harus pensiun.

Rolls-Royce Phantom VI merupakan hadiah yang diberikan oleh Rolls Royce untuk Ratu Elizabeth II, saat sang ratu merayakan ulang tahun penobatannya ke-25. Sebagai edisi khusus, mobil ini memiliki sejumlah keunggulan.

Atapnya dibuat tinggi sehingga memudahkan akses keluar masuk. Interiornya dirancang khusus dan tidak dikerjakan menggunakan mesin tetapi langsung oleh tangan para pembuatnya.

Mobil yang dibuat di Mulliner Park Ward, London, itu bermesin 6.750 cc dari Silver Shadow. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda pada 4.000 rpm yang disalurkan ke roda dengan menggunakan peranti transmisi Hydramatic 400.

Sepanjang sejarahnya mobil itu tercatat sebagai mobil terlaris di antara model Roll Royce Phantom yang ada.

Hanya, khusus Phantom VI milik kerajaan, memiliki sedikit catatan suram. Desember tahun lalu, mobil itu dirusak oleh sekelompok mahasiswa yang berdemonstrasi menentang Pangeran Charles dan istri barunya, Camilla Parker Bowles.

Mahasiswa memukul kaca jendela tengah hingga retak. Bagian belakang belepotan cat, dan beberapa bagian penyok. Namun, kerusakan itu seolah tak pernah ada kala mobil itu mengusung Kate dan ayahnya ke gereja Anglikan, Westminter Abey, untuk mengikat janji dengan Pangeran William, hari ini, 29 April 2011.ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi