Ducati Diavel Karbon Kado Pernikahan William-Kate  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 29 April 2011 19:48 WIB
foto: Ducati
TEMPO Interaktif, London - Pangeran William, yang kini menyandang gelar Duke of Cambridge, selama ini dikenal sebagai seorang yang gemar naik motor. Beberapa di antara motor kesukaan sang pangeran adalah Avid dan Ducati.
Kini, di hari pernikahannya dengan Kate Middleton, Jumat, 29 April 2011, pewaris kedua tahta monarki Inggris itu mendapatkan kado berupa varian Ducati teranyar, Ducati Diavel Karbon. “Sebuah diler motor Ducati di Inggris mengaku telah menjual motor itu kepada sebuah perusahaan yang bekerja untuk kerajaan Inggris,” tulis laman visordown dan autoevolution.com, Jumat 29 April 2011.
Menariknya, pada gagang motor itu diukir tanggal pernikahan William – Kate. Meski demikian, tampilan motor itu tak mengalami perubahan dari versi standarnya.
Begitu pun dengan mesin. Diavel Karbon untuk sang pangeran itu tetap mengusung mesin 1.198 cc L Twin, empat katup per silinder Testastretta 11, dan berpendingin cairan. Mesin itu menghasilkan tenaga 162 daya kuda dan torsi 128 Newton meter (Nm).
Berbekal tenaga itu Diavel Karbon mampu berakselerasi dari kecepatan 0 - 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 2,8 detik. 
Laman worldmotobike.com menulis, untuk menunjang kenyamanan dan keamananan berkendara, Ducati melengkapi Diavel dengan Ducati Traction Control (DTC). Memang, peranti itu diambil dari saudaranya Ducati Multistrada 1.200. “Namun DTC di Diavel itu telah mengalami sedikit modifikasi,” sebut siaran pers Ducati.
Begitu pun dengan peranti pengereman Antilock Brake System (ABS) yang menemani peranti pengereman Brembo monoblock. Sebab, sebagai perangkat standar Ducati memasang dua lembaran cakram semi-floating berukuran 320 mili meter (mm) dengan kaliper monoblok empat piston besutan Brembo.
Di roda belakang Ducati memasang lembaran cakram floating kaliper dua piston. Seperti halnya di roda depan, peranti pengereman standar itu juga diimbuhi perangkat ABS.
Tak lupa, Ducati menyediakan fitur Ducati Riding Mode. Fitur ini menyediakan empat pilihan daya berkendara yaitu gaya sport, touring, urban, dan enduro untuk memacu motornya sesuai dengan trek yang akan dilintasi.
Pada setiap gaya yang dipilih pengendara peranti suspensi dan traction control juga secara otomotis menyesuaikannya.
Sebagai pelengkap kemudahan dan kenyamanan yang diberikan kepada pengendara Ducati menggunakan panel instrumen digital dengan layar LCD. Bahkan, sebuah koneksi smartphone juga disediakan oleh Ducati di motor berbobot 207 kilogram itu
Di Inggris, Diavel dibanderol mulai 15.495 – 15.895 Poundsterling atau sekitar Rp 222,91 – Rp 228,66 juta.
ARIF ARIANTO
#Pernikahan Pangeran William-Kate Middleton

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi