Vettel Selangkah Lagi Pertahankan Gelar Juara Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 11 September 2011 22:03 WIB
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Monza - Pembalap Red Bull Sebastian Vettel terus mendominasi ajang balap Formula 1. Pembalap Jerman itu meraih kemenangan kedelapan dari 13 balapan musim ini dengan merebut podium pertama di Sirkuit Monza, Italia, Ahad malam, 11 September 2011. Itu menjadi kemenangan ke-18 kali sepanjang kariernya dan kemenangan keduanya di sirkuit ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Vettel melahap 53 lap dengan catatan waktu satu jam 20 menit 46,172 detik. Podium kedua ditempati pembalap McLaren Mercedes Jenson Button dengan selisih waktu 9,95 detik. Tempat ketiga dihuni pembalap Ferari Fernando Alonso dengan terpaut waktu 16,909 detik dari Vettel.

Vettel mengomentari kemenangannya dengan emosional. "Sirkuit ini sangat berarti bagi saya dan sangat spesial, katanya. Vettel merasakan podium pertama di ajang F1 di Sirkuit Monza saat membela tim Toro Rosso pada 2008. Ia mengatakan tidak percaya kembali merasakan podium pertama di Monza. "Sulit dipercaya kami bisa kembali juara tahun ini.

Kemenangan di Sirkuit Monza itu semakin mendekatkan Vettel ke gelar juara dunia musim ini. Ia sudah mengoleksi 284 poin, terpuat 112 poin dari Alonso.

Dengan enam lomba tersisa, berarti ada 150 poin yang masih diprebutkan. Vettel pun cukup menjuarai lomba malam di Singapura, dua minggu mendatang, untuk mewujudkan harapannya untuk mempertahankan gelar juara dunia. "Wow, saya tidak tahu. Sejujurnya itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa tahun ini," ujarnya.

Di awal balapan, penonton sudah gembira ketika Alonso mengawali balapan dengan bagus. Start dari urutan empat, pembalap Ferarri itu berhasil menyodok keurutan pertama, melewati Vettel dan Hamilton. Namun, terjadi insiden tabrakan di tikungan pertama. Mobil yang dikemudikan Liuzzi hilang kontrol dan menghantam mobil Rosberg dan Petrov.

Setelah safety car keluar lintasan, pertarungan sengit terjadi antara Alonso dan Sebastian Vettel memperebutkan tempat pertama. Sedangkan bekas juara dunia Michael Schumacer juga berduel dengan Hamilton memperebutkan peringkat ketiga. Namun, di lap ke-17, Vettel sudah menjuah dari Alonso dengan selisih waktu 10 detik.

Sedangkan Hamilton beberapa kali berusaha melewati Shcumacer namun gagal. Bahkan, pembalap Mc Larren, Jenson Button berhasil menyusul untuk meraih posisi ketiga dilap ke-16. Setelah itu, Button terus menguntit Alonso dan berhasil meraih podium kedua. Schumacher tercecer diurutan kelima.

Hamilton yang ada posisi keempat mencoba menekan Alonso di lap terakhir. Namun, pembalap Kuda Jingkrak itu tidak mau menanggung malu dikandang sendiri. Usaha Hamilton gagal. Alonso finish diurutan ketiga.

Sayangnya kesuksesan Vettel tidak diikuti rekan setimnya, Mark Webber. Di lap kelima, Webber harus keluar dari balapan setelah mobilnya mengalami kecelakaan.

Reuters | Sutarto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi