Ford Focus Kini Bermesin 1.000 cc Tiga Silinder  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 September 2011 09:40 WIB
Ford Focus

TEMPO Interaktif, Frankfurt - Frankfurt Motor Show 2011 yang dimulai hari ini benar-benar dimanfaatkan oleh Ford Motor Company (Ford) untuk unjuk keunggulan. Pabrikan asal Amerika Serikat itu memboyong dan memamerkan sejumlah model versi produksi dan konsep model anyar di gelaran tersebut.

Namun satu di antara model itu yang cukup menarik adalah hatchback Ford Focus bermesin kecil, 1.000 cc tiga silinder, yang telah menggunakan teknologi EcoBoost. “Mesin ini menawarkan performa yang setara dengan mesin konvensional 1.600 cc yang menghasilkan emisi CO2 kurang dari 120 gram per kilometer,” demikian pernyataan Ford kemarin seperti dilansir egmcartech.com, Selasa, 13 September 2011.

Menariknya, Ford akan memproduksi Ford Focus bermesin 1.000 cc itu dan memasarkannya ke Eropa, wilayah Amerika Utara, Cina, serta beberapa wilayah lainnya. Ada dua tipe yang bakal ditawarkan, mereka adalah tipe bertenaga 98 dan 118 daya kuda yang dilengkapi transmisi manual lima dan enam tingkat kecepatan.

Namun pada tahap awal, mobil itu akan dijajakan di Eropa pada awal 2012. Bahkan di wilayah itu bukan hanya Focus dengan mesin 1.000 cc saja yang bakal dipasarkan, tetapi juga Ford C-MAX dan B-Max.

“Mobil dengan mesin 1.000 cc tiga silinder dengan EcoBoost yang memiliki performa tinggi merupakan satu bukti nyata komitmen kami untuk menjadi pelopor kendaraan irit bahan bakar,” papar Graham Hoare, Direktur Eksekutif Pengembangan Mesin Ford Eropa.

Mesin 1.000 cc tiga silinder itu diklaim mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk jarak 19,16 kilometer.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi