Suzuki Swift Sport, Lebih Bertenaga dan Irit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 September 2011 07:49 WIB
Suzuki Swift Sport

TEMPO Interaktif, Frankfurt - Varian hatchback Suzuki Swift hingga kini masih menjadi andalan Suzuki di berbagai belahan dunia. Sehingga, masuk akal bila pabrikan asal Jepang itu masih mempertahankan mobil itu dan terus meningkatkan tampilan maupun performanya guna menggaet calon pembeli.

Strategi seperti itu, terbukti di gelaran Frankfurt Motors Show 2011 yang berlangsung 13 – 25 September. Seperti dilansir autoevolution.com, Rabu, 14 September 2011, produsen mobil itu meluncurkan Suzuki Swift Sport.

“Sayangnya mesin masih belum mengalami perubahan. Mesin natural aspirated 1.600 cc 4 silinder masih bertahan di balik kap mesin,” laman itu menulis.

Meski demikian, Suzuki mengklaim Swift versi anyar itu menyuguhkan performa lain. Selain tenaga dan torsi yang bertambah besar, Swift versi anyar itu juga irit bahan bakar.

Suzuki pun menyodorkan sederet bukti. Hasil pengujian internal menunjukkan, tenaga yang disemburkan mesin itu menjadi 135 daya kuda (dk) atau meningkat 10 dk dibanding versi reguler yang sebesar 125 dk. Torsi meningkat 12 Newton meter (Nm) dari 148 Nm menjadi 160 Nm.

Adapun konsumsi bahan bakar yang semula 7 liter untuk jarak 100 kilometer kini menjadi 6,4 liter untuk jarak yang sama. Sedangkan tingkat emisi CO2 kini tak lebih dari 147 gram per kilometer.

Ubahan lainnya adalah peranti transmisi manual yang kini menggunakan 6 tingkat kecepatan. Sebelumnya, transmisi tersebut menggunakan 5 tingkat kecepatan. Perangkat itu dirancang khusus untuk Swift Sport dengan penambahan  triple cone syncromesh, teknologi itu menjadi perpindahan gigi pertama ke gigi kedua jauh lebih sempurna.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi