Lamborghini Ini Cuma Dibuat 20 Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 16 September 2011 13:10 WIB
Lamborghini Sesto Elemento

TEMPO Interaktif, Frankfut - Setelah beberapa bulan hanya menjadi rumor sejak konsepnya diluncurkan di gelaran Paris Motor Show 2010, kini kepastian produksi Lamborghini Sesto Elemento telah mendapatkan kepastian. Bahkan, bila kabar burung sebelumnya menyatakan mobil super itu bakal diproduksi dalam jumlah yang beragam, kini juga sudah pasti, hanya 20 unit.

“Proses produksi akan dimulai pada akhir 2012 dan mulai dikirim ke pembeli pada 2013,” tutur Maurizio Reggiani, Direktur Penelitian dan Pengembangan Lamborghini saat peluncuran mobil itu di arena Frankfurt Motor Show 2011, seperti dikutip automobilemag.com, Jumat, 16 September 2011.

Lamborghini tak sekadar menawarkan tampilan rancang bangun yang apik saja. Sederet fitur canggih dan kemampuan melesat yang dahsyat, tetapi tetap aman merupakan keunggulan lain yang menjadi nilai jual mobil tersebut.

Mesin bensin 5.200 cc V10 yang diusungnya mampu menyemburkan tenaga hingga 562 daya kuda dan torsi 398 lb-ft.  Berkat tenaga sebesar itu pula, Elemento juga mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 2,5 detik.

Tak cuma itu. Mobil itu mampu melesat hingga 300–350 kpj. “Dan yang tak kalah menarik adalah, meski bertenaga dahsyat, mobil ini irit bahan bakar,karena bobotnya yang ringan,” kata Stephan Winkelmann, Chief Executive Officer Automobili Lamborghini.

Hanya, Winkelmann tak menyebut angka konsumsi bahan bakar itu. Dia hanya menegaskan, keiritan itu berkat bobot mobil yang sangat ringan.

Maklum bodinya dibuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP). Serat karbon juga dipakai untuk beberapa bagian rangka depan, panel eksterior, serta bagian peredam saat terjadi tabrakan. Sehingga, total jenderal bobotnya hanya 998 kilogram.

Lantas bagaimana dengan harganya? Hingga saat ini pabrikan itu belum menginformasikan. Namun, diperkirakan berbanderol US$ 2-3 juta atau sekitar Rp 17,2–25,8 miliar.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi