Suzuki Indonesia Siapkan Skutik Pesaing Beat dan Mio  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 September 2011 19:38 WIB
foto: istimewa

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini tengah mengelus-elus varian skuter matik (skutik) 110 cc baru  untuk  menyaingi Honda BeAT dan Yamaha Mio. Rencananya, skutik yang bernama Suzuki Nex itu diluncurkan November mendatang.

"Saat ini tahap pematangan. Karena kami ingin motor yang kami luncurkan benar-benar memiliki kualitas terbaik  termasuk layanan purna jualnya," ungkap sumber tepercaya di PT SIS saat dihubungi, Kamis, 29 September 2011.

Menurut sumber itu, dibanding para pesaingnya Nex memiliki keunggulan ketahanan dan keiritan konsumsi bahan bakar. Mesin 110 cc yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga 9,3 - 9,4 daya kuda dengan torsi 8,7 - 8,9 Newtonmeter.

"Tentunya tenaga itu lebih besar dibanding pesaing yang ada saat ini, tenaga mereka di bawah 9 daya kuda," kata dia.

Adapun konsumsi bahan bakarnya diperkirakan mencapai 1 : 50 - 54 kilometer. Sementara dua skutik lain yang di kelasnya rata-rata hanya 1 : 40 - 45 kilometer.

Lantas berapa skutik anyar itu akan dibanderol?  "Saat ini kami masih mempelajarinya. Termasuk jadwal peluncuran apakah November atau bulan lain, belum bisa kami sampaikan," ujar Paulus Sugih Firmanto, Direktur Pemasaran dan Penjualan 2W (roda dua) PT SIS saat dihubungi.

Meski demikian, Paulus menyebut pihaknya mengupayakan peluncuran Nex pada tahun ini. Pasalnya, saat ini telah banyak penggemar motor Suzuki yang menanyakan skutik anyar tersebut.

"Yang pasti, skutik ini merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya (Suzuki Spin)," kata Paulus.

Penyempurnaan tersebut meliputi tampilan, keandalan, serta tingkat konsumsi bahan bakar. "Artinya tenaga besar, namun irit, serta tampilan yang lebih stylish. Karena kami menyasar segmen usia muda," terangnya.

Hanya Paulus tak bersedia memerinci beberapa karakter yang menjadi keunggulan spin tersebut.

Meski demikian, sumber lain di PT SIS mengatakan keiritan konsumsi BBM dikarenakan Suzuki telah melakukan terobosan memangkas bobot motor serta menyempurnakan komponen  mesin.

Bobot Nex  disebut kurang dari 90 kilogram yaitu sekitar 85 - 88 kilogram. "Komponen sistem pembakarannya juga disempurnakan, sehingga tenaga besar dan irit bahan bakar," imbuh dia.

ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi