Ini Airbag Tengah Pertama dari GM
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 September 2011 13:52 WIB
caradvice.com.au

TEMPO Interaktif, Detroit - Kantong udara pelindung (airbag) di sebuah mobil di bagian depan, khususnya yang berada di tengah di antara pengemudi dan penumpang, akan menjadi peranti yang mutlak diperlukan di masa mendatang. Itu bukan tanpa alasan.

Selama ini, kasus kematian atau cedera berat saat kecelakaan banyak diakibatkan benturan dengan bagian mobil di bagian depan yang tak terlindung airbag. Namun, fakta membuktikan risiko tersebut juga terjadi karena benturan antar pengemudi dan penumpang di bagian depan.

Lantaran itulah, seperti dilansir cardavice.com, Jumat, 30 September 2011, General Motors menciptakan airbag khusus yang dipasang di antara penumpang di kursi depan dan pengemudi.

“Airbag yang ada saat ini terbukti tidak mampu melindungi pengemudi dan penumpang (di bagian depan) saat terjadi kecelakaan dan mereka saling berbenturan,” ungkap Scott Thomas, Senior Staff Engineer Advanced Restraint Systems GM.

Thomas tak asal bicara. Data yang dilansir Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat menyebut, sepanjang 2004 – 2009 kematian akibat benturan antara penumpang depan dan pengemudi saat kecelakaan mencapai 11 persen dari seluruh jumlah kecelakaan.

Berangkat dari fakta itulah peranti tersebut dikembangkan. Pabrikan itu menempatkan peranti tersebut pada jok depan bagian penumpang yang diselipkan pada bagian sisi samping sebelah kanan.

Ide itu telah menuai pujian dan dukungan berbagai kalangan. Satu di antaranya adalah Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat. “Airbag depan di bagian tengah itu akan menyelamatkan nyawa dalam kecelakaan samping. GM dan Takata harus dipuji karena menjadi pelopor di bidang yang penting ini,” papar Adrian Lund, Presiden IIHS.

Rencananya, peranti itu mulai dipasang di produk besutan GM mulai 2012 mendatang. Hanya sayang, pabrikan masih memasangnya di model tertentu seperti Buick Enclave, GMC Acadia, dan Chevrolet Traverse.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi