Rio Haryanto Tertantang Hadapi GP2 Monaco  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Mei 2012 09:47 WIB
Pembalap Indonesia Pertamina GP2 Rio Haryato berpose sebelum berlaga di balap GP2 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (13/5). ANTARA/Yudhi Mahatma

TEMPO.CO, Jakarta - Rio Haryanto, pembalap tim Pertamina GP2, mengaku sangat tertantang menghadapi seri ke-5 GP2 Series di sirkuit Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monaco, akhir pekan ini. Ia melakukan persiapan secara intens untuk menghadapi sirkuit jalanan tersebut.

Seri-5 lomba GP2 Series 2012 ini akan dilangsungkan 24-26 Mei 2012 mendatang. Feature race, Jumat, 24 mei 2012, akan digelar sebanyak 42 putaran sedangkan Sprint race, Sabtu, 25 Mei 2012, dilangsungkan 30 putaran.

Rio mengatakan sirkuit yang memiliki panjang 3,340 kilometer ini penuh tantangan dan sulit ditaklukkan. Selain sangat sempit, sirkuit ini juga tidak memiliki run-off area, sehingga kesalahan yang dilakukan oleh pembalap dapat mengakibatkan tabrakan ke tembok pembatas.

“Karakter sirkuit Monaco membuat pembalap dituntut untuk terus berkonsentrasi dan fokus dari satu tikungan ke tikungan berikutnya sepanjang berlangsungnya balapan. Sedikit saja kesalahan yang dilakukan oleh pembalap dapat memberikan masalah yang fatal," ujar Rio dalam keterangan yang diterima Tempo, Selasa, 22 Mei 2012.

Ia mengatakan terus melakukan persiapan sejak seri sebelumnya di sirkuit Catalunya, Spanyol. Latihan fisik dan pengenalan serta penghafalan sirkuit Monaco dengan menggunakan simulator dilakukan pembalap berusia 24 tahun itu.

Manajer Teknis Rio, Piers Hunnisett, mengakui karakter sirkuit Monaco sangat sulit. Ia menyebut pembalap F1 pernah mengatakan bahwa membalap di sirkuit ini seperti mengendarai mobil di dalam supermarket.

Babak kualifikasi seri ini juga sedikit berbeda. Pembalap dibagi dalam 2 grup. Masing-masing grup hanya akan diberikan waktu 15 menit untuk menjalankan sesi kualifikasinya. Hal ini, kata dia, memberikan tekanan ekstra buat para pembalap.

Mengenai target, Piers mengatakan karena ini menjadi balapan pertama Rio di sirkuit Monaco, tim hanya menargetkan Rio bisa menyelesaikan lomba secara utuh. “Tabrakan banyak terjadi di sini. Untuk itu, sangat penting bagi Rio untuk bisa menyelesaikan lomba yang akan memberikan tambahan pengalaman,” kata Piers.

Hasil yang diraih Rio dalam empat seri sebelumnya cukup baik. Di klasemen sementara, hingga pekan ini, Rio berada di posisi 12 dari 29 pembalap.

RINA WIDIASTUTI

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi