Mobil Balap ITB Lolos ke Jepang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 5 Agustus 2012 16:35 WIB
Disain Mobil Formula Tim dari ITB, Mushika atau tikus besar kendaraan Dewa Ganesa, dipakai sebagai nama mobil balap berkapasitas mesin 600 cc, panjang mobil hampir 2 meter, lebar 120 sentimeter, dan berbobot 220 kilogram. Foto: Anwar Siswadi

TEMPO.CO, Bandung — Tim Mushika, pembuat mobil balap dari ITB berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Student Formula yang diadakan Japan Society of Automotive Engineers. Adu rancang mobil formula kecil dan balapan itu akan digelar 3-7 September 2012 di Shizuoka, Jepang. Satu mobil balap lagi yang lolos seleksi pertama itu buatan tim mahasiswa UGM.

Menurut Ketua Departemen Teknis Tim Mushika, Andreas, setiap tim yang sudah dinyatakan lolos oleh panitia FSAE Jepang dapat mengikuti semua kategori lomba. “Mushika masuk dalam 76 tim yang lolos di kompetisi otomotif internasional,” ujarnya, Jumat, 3 Agustus 2012.

Kompetisi ini melombakan dua kategori, yaitu static event dan dynamic event. Static event di hari pertama, meliputi inspeksi teknis panitia dengan cara menguji kemampuan rem, kebocoran sistem mobil, dan keamanan kendaraan. Kemudian ada lomba paparan rancangan mobil yang layak jual dengan segementasi pasar anak-anak muda yang gemar balapan. Lainnya ada lomba paparan desain teknik mobil, serta hitungan biaya pembuatan mobil dengan proses manufaktur yang paling efektif dan efisien.

Adapun dynamic event di antaranya meliputi tes kecepatan mobil dengan jarak tempuh lintasan lurus sepanjang 75 meter, serta uji kemampuan mobil saat belokan konstan. Skidpad test itu juga menilai steering, supension system, dan grip ban. “Jenis perlombaan ini salah satu target kami untuk menang,” kata Andreas.

Di ajang tahunan, yang sudah ke-10 kalinya ini, tim yang beranggotakan 35 mahasiswa ITB dari berbagai jurusan tersebut mengincar sejumlah medali. Sebagai tim pendatang baru, mereka juga berambisi meraih kategori khusus untuk prestasi terbaik tim pendatang baru, yaitu medali Best Rookie.

Mushika atau tikus besar kendaraan Dewa Ganesa, dipakai sebagai nama mobil balap berkapasitas mesin 600 cc itu. Panjang mobil hampir 2 meter, lebar 120 sentimeter, dan berbobot 220 kilogram.

Panitia mengadakan lomba ini untuk mendapatkan rancangan dan bentuk mobil balap terbaik dari karya mahasiswa guna diproduksi masal bagi kalangan penggemar olahraga balap mobil. Selain itu, mereka ingin menambah sumber daya manusia di industri mobil agar semakin andal dan banyak.

ANWAR SISWADI

Berita Populer:10 Penginapan di Thailand yang Sesuai Kantung Tujuan Liburan Orang Indonesia: Singapura! Baru Meluncur, 1.500 All New Ford Ranger Laris Ranomi Kromowidjojo, Atlet Berdarah Jawa Cetak Rekor di Olimpiade Pendukung Rhoma di Jawa Timur Datang ke Jakarta Jumlah Jomblo di Israel Meningkat Drastis

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi