Akses Internet Cepat dalam Kendaraan
Reporter: Tempo.co
Editor: Yudono Yanuar Akhmadi
Minggu, 10 Maret 2013 03:44 WIB
Chevrolet MyLink

TEMPO.CO , Jakarta: Ada yang sedikit berbeda dalam perhelatan Mobile World Congress, yang digelar pada Februari lalu. Dalam acara tahunan teknologi komunikasi berskala internasional yang digelar di Barcelona, Spanyol ini, General Motors ikut unjuk gigi. Pabrikan otomotif asal Detroit, Amerika Serikat, tersebut mengumumkan kerja sama dengan operator AT & T Inc. Keduanya sepakat menyediakan layanan Internet Long Term Evolution (LTE), atau lebih dikenal dengan 4G, untuk setiap mobil keluaran GM pada 2015.

Aplikasi yang dibenamkan pada mobil-mobil buatan GM, seperti Chevrolet atau Cadillac, membuat kendaraan bisa menjadi pemancar Internet atau hotspot supercepat. Jaringan LTE, yang diklaim 10 kali lebih cepat dibanding 3G, ini bisa dimanfaatkan oleh berbagai gadget seluler. Tak hanya satu gadget, layanan juga bisa diakses secara bersamaan oleh delapan perangkat lainnya. "Setelah proyek perdana sukses, kami akan mengaplikasikannya pada semua produk yang beredar di seluruh dunia," demikian pernyataan dari pihak manajemen GM pada akhir bulan lalu, seperti dikutip dari situs berita Cnet.com.

Sebulan sebelumnya, General Motors juga telah mengundang para pengembang aplikasi. Dalam pertemuan itu, mereka meminta pengembang membuat aplikasi yang sesuai dengan mobil buatan GM, sehingga sistem hiburan yang dikemas dalam mobil buatan perusahaan itu, seperti Chevrolet MyLink atau Cadillac User Experience (CUE), bisa lebih optimal.

Presiden Direktur General Motors, Dan Akerson, berharap, selain sebagai sarana hiburan, aplikasi Internet kelak bisa juga bermanfaat untuk memberi informasi kepada pemilik kendaraan, antara lain mengingatkan pemilik kendaraan agar melakukan perawatan di bengkel.

Wakil Direktur General Motors, Marry Chan, menambahkan, dengan terhubung ke Internet, mobil bisa memiliki banyak fitur hiburan dan keamanan. Layanan seperti audio streaming, video on demand, voice to text, dan fitur lainnya akan menyatu dalam kendaraan. "Mobil ini bisa seperti gadget tersendiri untuk mengakses Internet," katanya.

Menurut Maria Sidabutar, Direktur Public Relation General Motor Indonesia, Chevrolet sudah mengembangkan teknologi hiburan terbaru, yaitu BYOM (Bring Your Own Media). Selain bisa mengakses Internet dengan cepat, pengemudi bisa tersambung langsung ke layanan emergency, informasi lalu lintas dan layanan informasi hotline. "Kami berkesempatan segera memiliki teknologi terbaru ini," katanya kemarin.

General Motors bukan satu-satunya produsen otomotif yang menyematkan 4G dalam mobil anyar mereka. Tahun lalu, operator terbesar di Amerika Serikat, Verizon Wireless, menjalin kerja sama dengan Toyota, Honda, KIA, dan Hyundai untuk aplikasi 4G ini. Namun belum dijelaskan teknologi seperti apa yang akan disematkan dan mobil seri apa saja yang akan dilengkapi dengan akses Internet supercepat.

BMW juga sudah lebih dulu menyediakan jaringan LTE pada mobilnya. Manajer Pengembangan Produk PT BMW Indonesia, Dennis A. Kadaruskan, beberapa waktu lalu menyatakan koneksi Wi-Fi memungkinkan telepon pintar maupun perangkat lainnya langsung terhubung dengan Internet di dalam mobil yang sedang melaju kencang.

NUR ROCHMI | ANGGA SUKMA WIJAYA

Berita Terpopuler:Harta Djoko Susilo Berserakan di Mana-mana  Tiba di Polda, Hercules Jalan Jongkok 30 meterTiga SPBU Jenderal Djoko Bakal Disita  Ini yang Bikin Juri Sulit Kritik Fatin  Hercules Diduga Memeras Hingga Ratusan Juta

#Internet
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi