Nissan Patrol Ini Pecahkan Rekor Mobil Terkuat
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 26 Agustus 2013 12:50 WIB
.

TEMPO.CO, Dubai - Sebuah sport utility vehicle (SUV) Nissan Patrol memecahkan rekor mobil terkuat di dunia, setelah berhasil menarik pesawat kargo seberat 170,9 ton. Mobil yang diperkirakan seharga Rp 800 juta hingga Rp 1,3 miliar tersebut berhasil menarik si pesawat gambot sejauh 55 meter.

Situs drive.com mengabarkan rekor itu dicetak di Banda Udara Sharjah Dubai, Kamis, 23 Agustus 2013. Nissan Patrol itu berhasil menarik pesawat kargo Ilyushin Il-76 yang dipenuhi muatan barang dan bahan bakar. Atas prestasi ini, Guinness World of Record pun memberi penghargaan kepada Komisaris Bandara Udara Sharjah, Ghanem Alhajiri.

Tentu saja tongkrongan Nissan Patrol ini sudah dimodifikasi. Dalam performa aslinya, mobil tersebut hanya dapat menarik beban maksimal sekitar 3,5 ton. Modifikasi yang diterapkan dengan memasang transmisi 4 roda (4x4) mesin V8 5,6 liter dengan torsi 560 newton meter.

Acara pemecahan rekor ini bagian dari ajang Nissan Patrol Challenge yang dimulai sejak 2012. Dalam program itu Nissan mengajak seluruh warga Timur Tengah menguji kekuatan mobil. Ide pengujian dilempar secara online dan pemenangnya dihadiahi liburan ke Jepang. Penarikan pesawat kargo ini satu dari sekian ide yang dinilai paling baik.

Nissan bukan satu-satunya pabrikan yang mempromosikan produk dengan cara menggeret pesawat. Di Jerman, Volkswagen mempertontonan SUV Touareg bermesin V10 yang menarik Boeing 747 berbobot 155 ton pada 2007. Sedangkan pada Oktober 2012 Toyota menggelar acara derek pesawat luar angkasa seberat 132 ton dengan truk Toyota Tundra di Los Angeles, Amerika Serikat.

M NUR ROCHMI | FERY FIRMANSYAH

Berita terpopuler:

Metallica Hanya Minta 7 Pertanyaan  Undang Metallica, Setiawan Djodi Dimarahi Pak Harto  Metallica Cuci Muka di Hotel BidakaraJokowi Datang, Penonton Metallica HebohNonton Metallica, Jokowi Dikawal Provos

#Rekor Dunia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi