Mobil Jokowi Antipeluru dan Tahan Ledakan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Minggu, 24 Agustus 2014 11:34 WIB
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Capres-Cawapres terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai presiden terpilih, Joko Widodo sudah mulai mendapat pengawalan khusus dari Pasukan Pengamanan Presiden. Salah satu bentuk pengamanan tersebut adalah digunakannya mobil khusus kepresidenan.

Pada Sabtu, 23 Agustus 2014, untuk pertama kalinya Jokowi mencoba mobil kepresidenan. Mobil Mercedes-Benz hitam itu masih menggunakan nomor polisi B-1190-RFS. (Baca: Jokowi Dikawal 37 Paspampres, 7 Mobil, dan 3 Motor)

Pengamat otomotif, Suhari Sargo, mengatakan mobil pengamanan presiden yang akan digunakan Jokowi wajib antipeluru dan tahan ledakan. Selain itu, di dalam mobil kepresidenan pasti ada radio komunikasi khusus untuk menunjang keamanan dan koordinasi. "Itu enggak bisa ditawar," ujarnya saat dihubungi, Ahad, 24 Agustus 2014.

Namun, menurut Suhari, Jokowi kemungkinan masih akan menggunakan mobil Toyota Innova miliknya karena dinilai lebih nyaman untuk menunjang kegemaran Jokowi blusukan. "Dia sukanya yang enggak resmi, ya, enggak akan pakai standar yang resmi," tutur Suhari. (Baca: Ingin Tetap Blusukan, Jokowi Pangkas Pengawalan)

Mobil Mercedes-Benz S600L model W221, yang digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini, juga merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap efek serangan yang timbul dari granat tangan dan bahan peledak lainnya. (Baca: Begini Spesifikasi Calon Tunggangan Jokowi)

Suhari menyebutkan mobil kepresidenan yang digunakan Amerika Serikat memiliki standar pengamanan yang lebih baik ketimbang milik Indonesia. Mobil Presiden Amerika Serikat bahkan memiliki teknologi antibom dan ranjau. (Baca: Tetap Blusukan, Jokowi Tolak Diatur Protokol)

Amerika Serikat saat ini menggunakan mobil limusin yang biasa dijuluki "The Beast" sebagai tunggangan Presiden Barack Obama. Pemerintah AS sengaja tidak pernah memberi tahu secara detail spesifikasi dari mobil orang nomor satunya. Yang bisa diketahui, selain tahan peluru dan dilengkapi teknologi-teknologi canggih lainnya, tangki bahan bakar The Beast juga dilapisi baja dan dibungkus dalam busa khusus untuk menghindari terjadinya ledakan dan pecah saat kecelakaan atau serangan. Mobil tersebut juga dilapisi baja yang tebal dan memiliki pemadam api di kabin.

PRIO HARI KRISTANTO

Terpopuler:Begini Spesifikasi Calon Tunggangan Jokowi  Penjualan Mobil, Honda Juara KetigaAll New Mazda2 Siap DiluncurkanAvanza Luxury Tetap Incar Pasar Menengah-Bawah  Mobil-mobil Pesaing Fortuner 4x4 Diesel

 

#Pengamanan Presiden dan Wapres
#Lembaga Kepresidenan
#Jokowi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi