Seperti Apa Fitur Canggih Mobil Dinas Jokowi?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 21 Oktober 2014 12:21 WIB
Sebuah mobil Mercedes-Benz berplat nomor Indonesia 1 yang dinaiki oleh Presiden baru Indonesia, Jokowi disambut ribuan warga di kawasan Semanggi, Jakarta, 20 Oktober 2014. Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard untuk melaksanakan tugasnya. Mercy Jokowi menggunakan nomor polisi Indonesia 1 yang sebelumnya dipakai Susilo Bambang Yudhoyono. (Baca: Jenis Sepatu Pilihan Presiden Jokowi)

Mercedes S600 Pullman Guard untuk Jokowi dibuat dengan material antipeluru berstandar Eropa B6/B7 yang bisa menahan tembakan senjata ringan, granat tangan, dan bahan peledak ringan. Sebagai kendaraan khusus kepresidenan, Mercy buatan 2008 ini dibekali mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 daya kuda (hp). (Baca: Gaya Santai Jokowi di Hari Pertama Jadi Presiden)

Jika bannya kempes atau bocor, Mercy Jokowi masih mampu melaju hingga sejauh 60 kilometer. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api. Untuk kondisi darurat, mobil ini memiliki fitur pengaturan udara segar, sistem kontrol pneumatik untuk membuka jendela secara elektronik, serta panic alarm system jika ada ancaman keamanan. (Baca: Penampilan Iriana Jokowi Ingatkan Ibu Tien Suharto)

Selain itu, mobil Jerman ini juga dibekali dengan kamera belakang serta kaca depan yang tahan panas. Semua fitur tersebut adalah fasilitas yang diberikan kepada Jokowi untuk memberikan kemananan tingkat tinggi. (Baca: Naik Kereta Kuda, JK Mengeluh Pegal)

Sesaat setelah Jokowi dilantik sebagai presiden, pelat nomor sedan mewah B-1825-RFT yang digunakan mantan Gubernur Jakarta itu langsung diganti menjadi Indonesia 1. Sebelumnya, pelat itu terpasang pada kendaraan yang digunakan oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri pelantikan Jokowi. (Baca: SBY Hampir Dikerubuti Tamu, Moeldoko Beraksi)

Adapun sedan Mercedez Wakil Presiden Jusuf Kalla juga langsung diberi pelat Indonesia 2. Sebelumnya, pelat ini digunakan oleh Boediono saat tiba di gedung kura-kura Kompleks Parlemen, Senayan. Mobil Boediono kemudian dipasangi pelat B-1190-RFS. (Baca: Ahok Minta Presiden Jokowi Singkirkan Benturan Ini)

AMOS SIMANUNGKALIT

Topik terhangat:Pelantikan Jokowi | Koalisi Jokowi-JK | Kabinet Jokowi | Pilkada oleh DPRD

Berita terpopuler lainnya:Pelantikan Presiden: SBY Menangis, Jokowi Kaku  Surat Terbuka Anas Urbaningrum untuk JokowiAbsen Pelantikan Jokowi, Amien Disarankan Tebus dengan Cara Ini

#Pengamanan Presiden dan Wapres
#Presiden RI
#Jokowi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi