Motor Djarot untuk Blusukan, Berapa Harganya?
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 Desember 2014 16:49 WIB
Sepeda motor Suzuki Shogun Axelo 125 cc yang akan digunakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat untuk blusukan tiba di Balai Kota, Jakarta, 23 Desember 2014. Tempo/Linda Hairani

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menerima lima unit sepeda motor yang akan digunakan untuk blusukan ke wilayah-wilayah tertentu di Jakarta. Berdasarkan pantauan Tempo, sepeda motor untuk Djarot tiba di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa, 23 Desember 2014. (Baca: Sepeda Motor untuk Djarot Tiba di Balai Kota)

Lima sepeda motor untuk Djarot kini terparkir di depan kantor Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta. Sepeda motor itu bermerek Shogun Axelo 125 cc berwarna hitam. Pelat nomornya berwarna merah, ciri kendaraan dinas pemerintah.

Nomornya cukup unik karena diawali angka 60 dan memiliki tanda akhiran register PXQ. Nomor register lima sepeda motor untuk Djarot yakni B-6040-PXQ, B-6032-PXQ, B-6052-PXQ, B-6043-PXQ, dan B-6058-PXQ. (Baca: Tolak Mobil Dinas Baru, Djarot Justru Minta Motor)

Berapa harganya sepeda motor itu?

Pemerintah DKI belum mengungkap detail anggaran sepeda motor untuk Djarot. Namun, informasi dari situs Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebutkan harga per unit dari Suzuki Shogun Axelo 12 cc adalah Rp 14.270.000. Ini adalah harga on the road di wilayah DKI Jakarta.

Untuk keperluan blusukan, sepeda motor jenis cub underbone atau bebek ini punya spesifikasi yang lumayan. Suzuki Shogun Axelo dibekali mesin berkapasitas 124 cc Single Overhead Camshaft (SOHC), dengan tenaga maksimum 10 daya kuda dan torsi 9,9 Newton meter. Jarak pijak motor ini mencapai 13,5 sentimeter, agak riskan jika dipakai menerobos daerah banjir. Tapi konsumsi bahan bakarnya diklaim hemat, yakni 45 kilometer per liter.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan sepeda motor yang akan digunakan blusukan Djarot berasal dari dana pengadaan barang 2013. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013, Pemerintah DKI membeli 50 unit sepeda motor. "Tinggal digunakan," kata Heru.

LINDA HAIRANI | FERY F.

Berita TerpopulerFilm Karya Sutradara Indonesia Masuk Radar OscarMenteri Jonan Marah Gara-gara Harga Tiket Kenapa Visi Susi Lebih Jelas Dibanding Puan

#Gubernur DKI Jakarta
#Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
#Djarot Saiful Hidayat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi