Suzuki New Ertiga Nongol di GIIAS, Bukan Sekadar Facelift
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Jumat, 21 Agustus 2015 08:18 WIB
Suzuki Ertiga berkapasitas mesin 1.400 cc. Rasio konsumsi bahan bakar MPV ini adalah 1:13,8 kilometer. Ertiga berkapasitas kursi untuk 7 penumpang. Harga mobil ini ada di kisaran Rp 148-185 juta. Themotorreport.com.au

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil kelas low multipurpose vehicle (LMPV) keluaran Suzuki, New Ertiga, diperkenalkan kepada publik pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Kamis, 20 Agustus 2015. Suzuki Indomobil Sales mengklaim tak hanya mengoperasi wajah mobil andalannya. Ertiga baru ini dilengkapi 30 fitur baru.

Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor Davy J. Tuilan mengatakan aneka perubahan pada Ertiga ini merupakan permintaan konsumen. "Jadi bisa dibilang ini melengkapi yang kurang dari Ertiga lama. Dasarnya, masukan dari konsumen."

Dari segi tampilan, New Ertiga tampak lebih blink-blink dengan penempatan sejumlah ornamen krom mengilat, seperti pada grille, bezel lampu kabut, dan garnish pintu belakang. Davy menuturkan aksen krom pada ornamen ini menambah kesan mewah.

Bentuk lampu depan dan belakang New Ertiga juga berbeda dengan yang dulu. Bentuk trapezoid dipertahankan tapi dengan sudut tumpul yang memberi tampilan dinamis. Panel lampu rem pun diberi tambahan garnish yang membuat tampilan kedua rumah lampu lebih lebar dan panjang.

Untuk memperkuat kesan mewah dan mengentalkan citra mobil keluarga, ujar Daby, Suzuki menambah beberapa fasilitas, seperti kaca elektrik otomatis yang dilengkapi sensor di bagian pengemudi, penambahan console box pada bangku baris kedua, dan socket listrik yang bermanfaat untuk mengisi baterai gadget di baris penumpang.

"Konsumen juga meminta kapasitas bagasi diperluas," kata Davy. Karena itu, kursi baris ketiga New Ertiga didesain split 50:50 (bisa dilipat satu bagian atau keduanya) dan rata dengan lantai kabin, sehingga ruang muat barang di buritannya lebih luas. Suzuki juga mengubah warna interior dengan kombinasi antara abu-abu tua dan cokelat tua.

Sedangkan dari aspek performa, New Ertiga masih memakai mesin 4 silinder 1,4 liter VVT. Mesin ini diklaim irit bahan bakar dan bersuara halus. "Kalau pesaing kami kebisingannya 6 desibel, New Ertiga cuma 3 desibel. Kami yang terbaik dari segi kenyamanan dan kekedapan kabin."

New Ertiga ini dijual Rp 180-200 juta. Suzuki sudah mulai membuka pemesanan, sedangkan pengiriman ke konsumen akan dilakukan mulai September 2015. "Kami menargetkan Ertiga mempertahankan pangsa pasar 15 persen di kelas LMPV."

PRAGA UTAMA

#Suzuki
#Kota Tangerang Selatan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi