Perusahaan Mobil Ini Keluarkan Rp1,5 Miliar Buat SPG
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Selasa, 25 Agustus 2015 03:15 WIB
Para Sales Promotion Girl (SPG) dari stand Suzuki berpose dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-21 di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, (24/09). TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Selain berlomba menampilkan model mobil paling canggih, modern dan laris di pasaran, para agen pemegang merek juga berlomba mempekerjakan duta promosi alias sales promotion girl di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015. Salah satunya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merogoh Rp 1,5 miliar untuk mempersiapkan Suzuki Angels, sebutan SPG di booth Suzuki.

Group Head Committee GIIAS SIS, Rifkie Setiawan, mengatakan angka itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni Rp 1 miliar di Indonesia International Motor Show 2014. "Tahun ini SPG meningkat, dari 40 menjadi 54 orang," kata dia di Senin, 24 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten.

Rifkie menjelaskan pihaknya rela menggelontorkan dana besar bagi para angels, karena kehadiran wanita cantik itu bisa menarik animo masyarakat. Dana paling besar, kata dia, dihabiskan untuk membayar honor 54 Suzuki Angels yang hampir mencapai Rp 700 juta rupiah. Sisanya, dialokasikan untuk pelatihan seperti public speaking.

Menurut Rifkie, sebutan Suzuki Angels mulai diperkenalkan pada IIMS tahun 2010. Suzuki Angels, ujar dia, bertugas memperkuat image perusahaan dan produk Suzuki secara khusus. Sebelum menjadi Suzuki Angels, gadis-gadis cantik ini mendapatkan pelatihan berupa product knowledge, public speaking, dan koreografi. SIS juga mengadakan kompetisi internal Suzuki Angels untuk memilih lima peserta terbaik yang akan mendapatkan insentif belasan juta rupiah. Total insentif yang diterima masing-masing Angels bisa mencapai puluhan juta rupiah selama IIMS berlangsung.

Caca Patricchia, 24 tahun, mengatakan dia tertarik menjadi Suzuki Angels karena bayaran yang wah. Per shift, yakni sekitar enam jam Caca dibayar Rp 1 juta. "Aku ini lagi cuti dari pekerjaan asliku sebagai pekerja kantoran demi jadi Suzuki Angels," katanya.

HUSSEIN ABRI YUSUF

#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi