Penentuan Juara MotoGP, Ini Fakta Tentang Sirkuit Valencia
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Minggu, 8 November 2015 10:00 WIB
Pembalap MotoGP tim Yamaha asal Italia, Valentino Rossi saat mengikuti latihan menjelang Valencia Motorcycle Grand Prix di Ricardo Tormo, Cheste, Valencia, Spanyol, 7 November 2014. REUTERS/Heino Kalis

TEMPO.CO, Jakarta - Dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, akan berebut gelar juara MotoGP dalam lomba pamungkas di Valencia, Spanyol, Ahad ini, 8 November. Rossi masih unggul tujuh poin tapi harus berlomba dari posisi paling belakang karena dianggap bersalah membuat Marc Marquez pada lomba di Sepang, Malaysia, Ahad lalu.

Tampilan keduanya antara lain akan dipengaruhi karakter Sirkuit Ricardo Tormo atau dikenal juga Circuit de Valencia. Berikut sejumlah fakta tentang sirkuit tersebut:

- Didirikan 1999 dengan kapasitas 120 ribu orang.

- Sirkuit memiliki panjang 4.005 kilometer dengan 14 tikungan.

- 30 Lap akan dilahap pembalap MotoGP pada balapan terakhir musim ini.

- 16 balapan MotoGP yang digelar di Valencia telah menghasilkan 11 pemenang berbeda.

- Dani Pedrosa (Repsol Honda) paling sering juara di tempat ini, yakni enam kali, termasuk sekali di kelas 125 cc dan dua kali di 250 cc.

- Rossi dan Lorenzo (Movistar Yamaha) sama-sama pernah meraih dua gelar juara di kelas premium, seperti juga Casey Stoner.

- Tim Repsol Honda merajai di sirkuit ini dan pernah meraih 8 gelar juara kelas premium. Jumlah itu terbanyak diantara motor besutan tim lain.

- Balapan 2015 menjadi ketiga kali balapan Valencia akan jadi penentu siapa peraih gelar juara dunia. Dalam 63 tahun digelarnya balapan sepeda motor kelas utama, hanya ada 16 kesempatan balapan penutup jadi penentu perebutan gelar juara.

- Rossi merebut pole position pada musim lalu, dengan catatan 1 menit 30.843 detik. Sedangkan rekor waktu di sirkuit ini dipegang oleh  Anthony Davidson dalam lomba tak resmi pada 2006.

MOTOGP | WIKIPEDIA | NURDIN

#MotoGP
#MotoGP
#Valentino Rossi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi