Tim Manor Mulai Perkenalkan Tunggangan Rio Haryanto di F1  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Senin, 22 Februari 2016 23:04 WIB
Mobil Tim Manor MRT05 yang akan dikendarai Rio Haryanto di ajang Formula 1.(crash.net)

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Manor Racing meluncurkan mobil baru MRT05 yang akan dipakai oleh pebalap Indonesia Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein tampil pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2016.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Senin petang, menyebutkan, peluncuran mobil baru tersebut dilakukan pada Senin pagi waktu setempat sebelum uji coba hari pertama mobil F1 di Sirkuit Catalunya Barcelona Spanyol.

Direktur Teknik Manor Racing John Mcquilliam mengatakan, inilah mobil terbaik yang pernah diluncurkan. Tentunya yang paling berkembang, paling ambisius, dan paling agresif.

Paket mobil secara keseluruhan adalah langkah ke depan yang sangat signifikan, bukan hanya tahun lalu tapi dari mobil manapun dari tim ini. "MRT015 adalah paket yang cukup mengesankan," katanya.

Direktur Balapan Manor Racing Dave Ryan mengatakan, Pascal dan Rio (Pascal Wehrlein dan Rio Haryanto) adalah tambahan untuk tim ini. Mereka masih muda dan lapar. Tetapi yang terpenting, pebalap berpengalaman dengan banyak bakat dan potensi yang besar. "Kami sangat bangga bahwa mereka akan menjalani debut F1 mereka dengan Manor Racing," katanya.

Soal target Manor Racing pada musim sekarang ini, dia mengatakan, "kehormatan dan daya saing". "Kami telah selesai dengan hanya datang untuk membuat orang lain terlihat bagus dan setiap orang di Tim ini melihat ke depan untuk balapan pertama di Melbourne dalam waktu beberapa minggu. Kami tahu kami harus improve di setiap area dan tidak mungkin kita meremehkan lawan, tapi kami telah mengumpulkan sekelompok orang hebat, kami memiliki kemitraan teknis fantastis dengan Mercedes-Benz dan Williams Advanced Engineering dan sekarang terrgantung kepada kami untuk mencetak hasil yang baik," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya Rio Haryanto mengaku sudah tidak sabar lagi untuk mencoba kendaraan bermesin Mercedes yang akan menjadi tunggangannya pada kejuaraan Formula 1 2016 bersama tim asal Inggris, Manor Racing.

"Besok, Jumat (19/2) saya akan berangkat ke Barcelona untuk uji coba resmi. Manor musim ini menggunakan mesin Mercedes. Jelas tim ini akan mendapatkan fasilitas lebih dari Mercedes," kata Rio Haryanto di Kantor Pertamina Jakarta, Kamis (18/2).

Menurut dia, tim Manor Racing dibilang menjadi Tim B Mercedes setelah ada pebalap yang didukung penuh oleh pabrikan asal Jerman itu yang menjadi rekan satunya. Kondisi ini dinilai sangat menguntungkan.

Dengan kondisi tersebut, kata dia, pihaknya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sebagai debutan, Rio juga tidak akan mengecewakan pihak-pihak yang selama ini memberikan dukungan hingga bisa masuk Formula 1.

"Saya akan berusaha memberikan yang terbaik. Ini adalah peluang saya," kata pebalap yang mulai aktif balapan sejak usia enam tahun itu.

Tim Manor Racing tahun ini menggunakan mesin yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Pada musim 2015, tim asal Inggris ini menggunakan mesin ferari, sedangkan musim ini mengandalkan Mercedes. Hal ini juga diakui oleh Racing Director Manor, Dave Ryan.

Rio mengaku, pada uji coba di Barcelona pihaknya akan berusaha menyesuaikan dengan kendaraan barunya. Apalagi setelah uji coba akan segera menjalani seri pertama kejuaraan balap jet darat yang selalu menjadi pantauan masyarakat dunia itu.

Sesuai dengan jadwal, Rio Haryanto akan menjalani debut bersama Tim Manor Racing di Melbourne Australia, 20 Maret mendatang. Ditanya masalah target, pebalap asal Solo itu mengaku akan menyesuaikan dengan target tim yaitu berusaha berada di posisi tengah.

ANTARA

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi