Astra: Penjualan Kendaraan Belum Membaik di Sisa Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Selasa, 14 Juni 2016 08:31 WIB
Bulan Januari 2010, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatat penjualan sebanyak 19.459 unit. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

TEMPO.COJakarta - PT Astra Internasional Tbk masih belum yakin penjualan kendaraan roda dua dan roda empat akan membaik pada sisa tahun berjalan 2016, mengingat masih melambatnya pertumbuhan ekonomi domestik.

Investor Relation Astra International Ira Ardianti mengatakan penjualan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, cenderung flat dalam lima bulan terakhir.

Menurut Ira, penjualan motor diperkirakan masih belum akan meningkat karena masyarakat lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu. "Motor turun terutama di daerah terkait komoditas. Tahun ini orang punya uang digunakan ke basic food, health care," ujar Ira di Jakarta, Senin malam, 13 Juni 2016.

Sepanjang triwulan I 2016, Astra mencatat penurunan penjualan mobil menjadi 127 ribu unit dibanding penjualan di periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 137 ribu unit. Sedangkan pada April dan Mei 2016 Astra menjual mobil sebanyak 31 ribu dan 33 ribu unit.

Sementara itu, penjualan produk sepeda motor Astra juga turun pada triwulan I 2016 menjadi 1,1 juta unit. Sedangkan pada April dan Mei 2016 penjualan motor masing-masing 348 ribu dan 338 ribu unit.

Ira sendiri juga belum bisa memperkirakan kondisi pasar otomotif ke depan, tapi ia berharap kondisi ekonomi akan membaik sehingga penjualan kendaraan juga akan meningkat.

"Ke depan seperti apa, masih tanda tanya. Mudah-mudahan ekonomi membaik sehingga tutup tahun yang penjualan flat bisa naik," ujar Ira.

ANTARA

#Target Penjualan
#PT Astra Internasional Tbk.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi