GIIAS 2016 dan Rencana Besar Mitsubishi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 11 Agustus 2016 11:09 WIB
Pimpinan Mitsubishi Motor Co, Osamu Masuko di ajang Auto Shanghai 2015 di Shanghai, Cina, 20 April 2015. The Asahi Shimbun via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 menjadi ajang pertarungan produsen kendaraan untuk memikat konsumen Indonesia. Bagi Mitsubishi Motor Corp (MMC), GIIAS 2016 adalah momen untuk meluncurkan rencana besar mereka, dalam merebut pasar Tanah Air yang menggiurkan.

Tak mau tanggung, Presiden MMC, Osamu Masuko, turun langsung dari markasnya di Minato, Tokyo, ke Jakarta. Ditemui di Kantor PT Kramayudha Tiga Berlian Motors, Pulomas Jakarta Timur, Selasa 10 Agustus 2016, Masuko memaparkan beberapa rencana besarnya. Apa saja?

Mengubah model bisnis di Indonesia. Menurut Masuko, varian minibus alias Multi Purpose Vehicle bakal jadi dagangan utama Mitsubishi dan Kramayudha selaku agen pemegang merek di Indonesia. Selama ini, konsumen melihat Mitsubishi terfokus pada pasar kendaraan niaga dan sport utility vehicle (SUV). Padahal segmen pasar terbesar di Indonesia adalah MPV.

Meluncurkan konsep MPV terbaru. Di arena GIIAS 2016, Mitsubishi bakal meluncurkan XM Concept, model hibrida (crossover) antara MPV dengan SUV. Ringkasnya, Masuko mengakui jika XM Concept adalah gabungan karakter Mitsubishi Pajero dan MPV bermesin 1.500 cc, dengan platform baru khusus untuk Indonesia. "XM adalah ide kami untuk industri otomotif, tentang bagaimana seharusnya sebuah MPV di masa depan," katanya.

Ekspose proyek pabrik baru. Saat ini, MMC tengah merampungkan pabrik barunya di Bekasi, Jawa Barat. Menurut Masuko, pabrik ini bisa beropersi tahun depan dan menghasilkan beberapa produk seperti Pajero dan minibus terbaru hasil pengembangan XM Concept. Pabrik yang menelan dana Rp 7,2 triliun ini akan menyerap 3 ribu tenaga kerja baru dan menjadi basis ekspor serta produksi suku cadang. "Pabrik ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara, setelah Thailand dan Filipina," ujar Masuko.

Buka-bukaan soal akuisisi Nissan. Tahun ini, Mitsubishi merampungkan akusisi Nissan Motor sehingga keduanya akan bersinergi mengembangkan platform kendaraan. Menurut Masuko, akan ada kejutan-kejutan dari keduanya, meski tetap saling berkompetisi di pasar.

PRAGA UTAMA | FERY F

Baca JugaToyota Calya Menyasar Pembeli Kendaraan PertamaNissan Pamerkan Datsun GO-Cross Concept di GIIASBMW Pajang Seluruh Mobil dan Sepeda Motor Andalan di GIIAS 2016

 

#Mitsubishi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi