Volvo S90 Raih Bintang 5 Uji Keselamatan Euro NCAP  
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 27 Januari 2017 15:33 WIB
Model berpose di samping mobil sedan mewah Volvo S90 yang diperkenalkan di Shanghai, China, 2 November 2016. Volvo S90 diketahui mengenakan teknologi canggih yakni semi-autonomous driving system atau sistem kemudi semi otomatis. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Sedan Volvo S90 dan V90 wagon meraih nilai tertinggi atau bintang lima mengungguli Ford Mustang dalam pengujian keselamatan yang dilakukan lembaga pengujian global European New Car Assessment Programme (Euro NCAP).

Volvo S90 dan V90, yang diluncurkan pada 2016, merupakan kendaraan pertama yang diuji Euro NCAP pada 2017. Kedua mobil itu meneruskan teknologi canggih dari Volvo XC90, yang juga meraih penilaian bagus dari Euro NCAP pada tahun lalu.

Baca: Sepanjang 2016, Penjualan Motor TVS Naik 24,5 Persen Distributor Jaguar Pede Jual 200 Unit Mobil Mewah Tahun Ini

Volvo S90 dan V90 berhasil melampaui skor terbaik secara keseluruhan dari setiap model yang diuji tahun lalu. Hasil tersebut membuat Volvo memiliki tiga mobil dengan keselamatan terbaik, yaitu S90, V90, dan XC90.

Sebaliknya, Ford Mustang cuma mencetak peringkat bintang dua dalam hal perlindungan kecelakaan penumpang dewasa dan anak-anak serta ada kekhawatiran soal ketersediaan suku cadang keselamatan di pasar Eropa.

Simak: Suzuki Luncurkan New Carry Pick Up Biaya Perawatan Datsun Disebut Makin Murah, Ini Detailnya

Pada uji tabrak depan Mustang, kantong udara (airbag) pengemudi dan penumpang kurang mengembang.

Pada uji depan menyeluruh, penumpang di kursi belakang bisa lolos dari pelukan sabuk pengaman yang kurang kencang sehingga berisiko menyebabkan cedera perut.

Pada kecelakaan tabrak samping, kepala boneka juga mengenai trim interior samping mobil.

”Volvo telah berinvestasi di bidang keselamatan, membuat standar teknologi kunci di berbagai model, dan hasilnya berbicara: sangat mengesankan, bintang lima,” kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal Euro NCAP, dalam situs resminya, Kamis, 26 Januari 2017.

”Ford tidak berharap Mustang akan diuji Euro NCAP dan memilih tidak memberikan teknologi keselamatan di Eropa, padahal tersedia untuk konsumen Amerika serta tersedia di beberapa mobil sport lainnya,” tutur Ratingen.

Ford mengatakan Mustang facelift yang tersedia akhir tahun ini dilengkapi dengan fitur Pre-Collision Assist dan Lane Keep Assist sebagai fitur standar.

Untuk itu, Euro NCAP berharap Ford Mustang memperbarui sistem keamanan mobilnya ketika produknya sudah masuk ke pasar Eropa.

”Oleh karena itu, kami berharap Ford mengambil kesempatan untuk berinvestasi dalam perubahan yang diperlukan sekarang untuk generasi Mustang masa depan,” ucap Ratingen. Hasil uji dan gambar tabrakan telah dipublikasikan di situs resmi Euro NCAP kendati daftar peringkat keselamatan mobil akan dirilis pada 1 Maret 2017.

BISNIS.COM

#Produksi Mobil
#Volvo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi