Truk dan SUV Penyumbang Terbesar Penjualan Mobil di Amerika  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 5 Juli 2017 05:55 WIB
Ilustrasi SUV Toyota RAV4. Motortrend.com

TEMPO.CO, Jakarta -Segmen truk dan Sport Utility Vehicles (SUV) tercatat berkontribusi besar terhadap angka penjualan otomotif di pasar Amerika Serikat pada periode Juni 2017.

Baca: Penjualan Mobil di AS Catat Rekor Terendah Sejak ... Seperti dikutip Bloomberg, kedua segmen yang memiliki banderol harga lebih tinggi dibandingkan segmen model lainnya tersebut diharapkan dapat mendongkrak keuntungan para produsen otomotif di tengah proyeksi penurunan penjualan di tahun ini dibandingkan catatan penjualan tahun lalu.

Pabrikan mobil Jepang, Toyota Motor Corp, mencatat lonjakan pengiriman model Toyota RAV4 hingga 25 persen. Sementara Honda Motor Co membukukan kenaikan 35 persen berdasarkan data Autodata Corp.

Kenaikan penjualan model SUV mendongkrak saham sejumlah perusahaan otomotif seperti Toyota, Honda, dan Nissan Motor Co.

Michelle Krebs, analis senior Autotrader mengatakan pasar bertahan dengan sangat baik.  “Tahun lalu, kami telah memperkirakan adanya penurunan seperti ini dan kami sudah mendapatkan satu tahun tambahan kenaikan penjualan, jadi secara keseluruhan penjualan masih sangat kuat,” ucapnya.

Sebagian besar produsen otomotif melaporkan penjualan yang lebih baik selama periode Juni yang didongkrak oleh penjualan model truk dan SUV setelah mengalami penurunan selama lima bulan berturut-turut.

Rendahnya tingkat pengangguran, meningkatnya kepercayaan konsumen serta peningkatan tak terduga terhadap pemesanan di sejumlah pabrik  menunjukkan bahwa perekonomian AS dinilai cukup kuat untuk menjaga penjualan kendaraan tetap bergerak naik meski sedikit merosot dari performa tahun lalu.

Secara keseluruhan, penjualan mobil di AS melemah 3 persen di periode Juni 2017 menjadi 16,5 juta unit dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 16,8 juta unit.

“Kami cukup optimistis mampu mengubah arah di semester kedua,” ungkap Bill Fay, Sales Head of Toyota AS.

Baca: Maret 2017 Pasar Otomotif AS Anjlok Menurunnya permintaan terhadap model sedan dan coupe dari para konsumen AS dan para perusahaan penyewaan mobil berimbas pada anjloknya volume penjualan setiap bulannya di tahun ini.

GRANDY AJI|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Toyota
#Amerika Serikat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi