Volvo: Industri Otomotif Alami Transformasi ke Teknologi Otomasi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 5 Juli 2017 14:30 WIB
Logo Volvo. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

TEMPO.CO, Gothenberg - Sektor otomotif tengah mengalami transformasi industri, bersamaan dengan pengembangan teknologi otomasi, termasuk di segmen truk angkutan barang.

Baca: Mobil Swakemudi Volvo Tidak Bisa Mengenali Kanguru "Perkembangan teknologi akan mendorong perubahan," ujar Mikael Karlsson, VP Productivity and New Concept Volvo Group, saat presentasi Volvo Truck Safety Experience di Gothenberg, Selasa, 4 Juli 2017, waktu setempat

Menurut Karlsson, ada tiga perkembangan penting, yakni semakin terkoneksinya antara kendaraan, pengemudi, dan barang; jalur otomatisasi; dan elektrifikasi. Ketiganya terangkum dalam sistem perangkat lunak alias software.

Saat ini, ucap Karlsson, telah berkembang apa yang disebut sebagai truk OTTO swakemudi. "Seperti fenomena munculnya handset dan Internet, bisa jadi tren otomatisasi ini akan berkembang cepat," ujarnya.

Baca: Ekspansi Bisnis, Volvo Indonesia Perkenalkan Bus ... Karlsson menyebutkan perkembangan teknologi otomasi pada kendaraan truk melalui lima tahapan, yakni tahap tanpa kaki, tahap tanpa tangan, tahap tanpa mata, tahap otomasi tinggi, dan tahap otomasi penuh.

BISNIS.COM

#Mobil
#Volvo
#Swedia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi