Toyota Kucurkan Rp 13 Triliun Bangun Kantor Pusat Baru di AS
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Jumat, 7 Juli 2017 13:00 WIB
AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Motor Corp akhirnya jadi memindahkan kantor pusat di Amerika Serikat dari Los Angeles, California ke kota Plano di Texas. Rencana perpindahan kantor itu sebenarnya sudah diumumkan sejak tiga tahun lalu, namun baru bisa direalisasikan tahun ini.

Baca: Toyota Akan Produksi Camry Terbaru di Pabrik Perakitan ... Kantor pusat pabrikan mobil terbesar di Jerman ini berlokasi di kota Plano, Texas dan dibangun di atas lahan seluas 100 hektare. Untuk membangun kantor berikut fasilitas baru, Toyota telah menggelontorkan hingga USD 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun. Migrasi ini diikuti pindahnya ribuan karyawan beserta keluarganya. Peresmian kantor pusat yang baru ini bertepatan dengan perayaan ke-60 tahun Toyota berkiprah di Amerika Serikat.

Kantor di Plano ini akan menjadi unit pelayanan terpadu Toyota untuk kawasan Amerika Utara. Markas Toyota ini mencakup kantor penjualan, engineering, dan keuangan. Sebelumnya, lokasi fasilitas tersebut tersebar di California, New York, dan Kentucky.

Jim Lentz, CEO Toyota untuk kawasan Amerika Utara mengatakan penyatuan unit layanan Toyota menjadi unit layanan terpadu ini diharapkan bisa menghasilkan kolaborasi yang optimal dan inovasi yang lebih baik. "Dengan layanan terpadu ini, pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan," ucapnya seperti dilansir dari laman motortrend.com, Kamis 6 Juli 2017.

Toyota mulai memindahkan karyawannya sejak akhir musim semi meskipun sebagian kontruksi kantor pusat masih dalam proses pengerjaan. Diharapkan akhir tahun sekitar 4000 karyawan dan keluarga sudah berada dilokasi. Toyota menyediakan fasilitas dengan lokasi tak jauh dari kantor. Tidak semua karyawan lokal berminat untuk pindah ke lokasi baru. Namun Toyota mengklaim, sekitar 75 persen karyawannya sudah pindah ke lokasi Plano.

Baca: Dikritik Trump, Toyota Tambah Investasi US$ 10 Miliar di AS

Toyota akan menggelontorkan investasi hingga USD 10 miliar atau sekitar Rp 131,9 triliun selama lima tahun untuk operasional di AS, termasuk kantor pusat Plano dan fasilitas manufaktur lainnya.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Toyota
#Amerika Serikat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi