FCA akan Tutup Pabrik di Detroit, Sport Viper Tinggal Kenangan
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 13 Juli 2017 19:37 WIB
Fiat. AP/Luca Bruno

TEMPO.CO, Jakarta -Pabrikan mobil Prancis, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menutup pabrik perakitan di Detroit yang berlokasi di Conner Avenue pada 31 Agustus mendatang. Pada tanggal tersebut, FCA juga akan mengakhiri produksi mobil sport DOdge Viper.

Baca: Fiat Bantah Stop Penjualan Merek Chrysler Rencana penghentian produksi Dodge Viper telah disampaikan FCA sejak dua tahun lalu. Saat itu kemudian  berkembang spekulasi bahwa pabrik di Detroit yang merakit dan memproduksi Viper bakal ditutup.

Pabrik seluas 392.000 m2 berdiri pada 1966 dan dibeli oleh FCA pada 1995 setelah Fiat mengakuisisi 100 persen saham pabrikan mobil AS Chrysler. Pabrik perakiatan mobil FCA di Conner, Detroit merupakan sebagian kecil yang masih mampu bertahan. Banyak produsen mobil global yang telah menutup dan memindahkan pabriknya di Detroit.

Untuk itu bagi juru bicara FCA Jodi Tinson, rencana perusahaan untuk menutup pabrik di Detroit bukan suatu yang luar biasa. Perakitan di Conner merupakan yang terkecil dibandingkan pabrik-pabrik FCA yang lain di kawasan Amerika Utara. Pabrik ini pernah direnovasi dan dibuka kembali pada 2012.

Baca: Sempat Bermasalah, Fiat Akan Lanjutkan Produksi

Seperti dilansir dari laman cromaplus.net, Rabu 12 Juli 2017, mobil Dodge Viper bermesin 8.4 liter V-10 dirakit dipabrik ini sejak pertama kali diluncurkan pada 1992. Saat ini jumlah karyawan di pabrik FCA ini tinggal tersisa 87 orang.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Fiat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi