Toyota dan Mazda Beraliansi Bangun Pabrik Baru di Amerika Serikat
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Sabtu, 5 Agustus 2017 13:41 WIB
REUTERS/Toru Hanai/Files

TEMPO.CO, Jakarta -Dua pabrikan mobil Jepang, Toyota Motor Corp dan Mazda Motor Corp beraliansi untuk membangun pabrik baru di Amerika Serikat. Toyota dan Mazda yang membentuk perusahaan patungan ini berinvestasi hingga USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 21 triliun untuk pabrik mereka di AS.

Pabrik ini diperkirakan akan mampu memproduksi sekitar 300 ribu unit per tahun. Dari jumlah itu, sekitar 150 ribu unit diproduksi oleh Toyota dan sisanya oleh Mazda. Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, pabrik baru tersebut akan diresmikan pada 2021 mendatang dengan mempekerjakan sekitar 4.000 karyawan.

Seperti dilansir dari e-traders.com, Jumat 4 Agustus 2017, pembangunan pabrik baru dari dua pabrikan otomotif Jepang ini untuk menjawab keinginan Presiden AS Donald Trump. Dalam kampanyenya, Presiden Trump pernah berjanji akan meningkatkan produksi industri otomotif dan memperluas lapangan kerja bagi warga AS.

Sumber itu menyebutkan, Toyota dan Mazda juga berencana untuk bersama-sama memproduksi kendaraan listrik di AS. Sementara Toyota menyebutkan bahwa kedua perusahaan sepakat untuk mengeksplorasi berbagai bidang kerja sama sesuai kesepakatan yang diteken pada Mei 2015.

Takeshi Uchiyamada, Chairman Toyota menolak berkomentar terkait rencana pembangunan pabrik baru di AS dan kesepakatan kerja sama dengan Mazda.

Ihwal kendaraan listrik, Takesehi Uchiyamada menyebutkan, pertumbuhannya terbilang cepat. Namun Uchimayada menepis soal ketidakmampuan Toyota dalam membangun industri kendaraan listrik.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Toyota

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi