Geely Cari Bos Baru Proton, Li Chungrong Calon Kuat?
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Sabtu, 5 Agustus 2017 14:38 WIB
Logo pabrikan mobil asal Malaysia, Proton. (www.drive.com.au)

TEMPO.CO, Jakarta -Pabrikan mobil Cina, Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd atau Geely yang memiliki 49,9 persen saham Proton dikabarkan tengah mencari chairman baru untuk produsen otomotif asal Malaysia itu. Li Chungrong, Direktur Dongfeng Honda Engine disebut-sebut sebagai calon kuat menduduki orang nomor satu di Proton.

Media online otomotif Gasgoo melaporkan bahwa manajemen Geely telah melakukan proses pencarian calon chairman baru Proton secara global. Geely tampaknya tertarik untuk merekrut Li Chungrong.

Manajemen enggan berkomentar soal rencana penunjukkan Chairman baru Proton. Juru bicara Geely Yang Xueliang hanya berkata,"Jabatan itu memang masih kosong."

Li Chungrong mulai berkarir di Dongfeng Auto pada tahun 1987 dengan posisi terakhir sebagai direktur. Seperti dilansir dari paultan.org, Sabtu 5 Agustus 2017, Chungrong pernah memimpin divisi kendaraan penumpang selama 10 tahun. Ia baru menjabat direktur Dongfeng akhir bulan Juli 2017.

Seperti diketahui, Geely membeli 49,9 persen saham Proton merupakan sebuah terobosan perusahaan otomotif Cina itu untuk menguasai pasar di Asia Tenggara.

Akuisisi ini sudah mendapat restu dari DRB Hicom, induk usaha Proton. Namun Geely saat itu belum bisa menyebutkan berapa nilai transaksi akuisisi ini.

Dengan membeli 49 persen saham Proton, Geely juga akan menjadi pemilik 51 persen saham Lotus. Sebab, Proton merupakan pemilik mayoritas saham produsen mobil mewah asal Inggris tersebut.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Geely

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi