Toyota Akan Produksi Truk Pikap dan SUV di Meksiko  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Senin, 7 Agustus 2017 10:45 WIB
REUTERS/Toru Hanai/Files

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan manufaktur otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp, berencana memproduksi truk pikap dan sport utility vehicle (SUV) di pabrik baru yang terletak di negara bagian Meksiko, Guanajato.

"Kami akan berkonsentrasi hanya pada pikap di awal. Kami juga sedang mempelajari potensi SUV di masa depan," kata Luis Lozano, juru bicara Toyota Meksiko, seperti dikutip dari Reuters, Minggu, 6 Agustus 2017.   Untuk saat ini, kata Lozano, rencana yang sudah matang adalah perusahaan akan merakit model truk Tacoma. Adapun untuk model SUV masih dalam tahap pembelajaran.   Kedua model itu memang merupakan produk yang cukup menggiurkan untuk pasar Amerika Utara. Truk dan SUV menyumbang sekitar 65 persen pasar di Amerika Utara.

Keputusan ini diambil saat Toyota mengambil 5 persen saham dari Mazda Motor Corp sebagai bagian dari aliansi keduanya untuk mendirikan pabrik di Amerika Serikat dengan nilai investasi mencapai US$ 1,6 miliar.

Nilai investasi yang dikeluarkan perusahaan di wilayah tersebut akan sama meskipun nantinya ada perubahan rencana. "Investasi yang kami hitung saat mengumumkan keputusan mendirikan pabrik senilai US$ 1 miliar," ujarnya.

GRANDY AJI | SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Toyota

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi