GIIAS 2017, Audi Q5 Generasi Kedua Tampil Lebih Sporty
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 15 Agustus 2017 15:02 WIB

TEMPO.CO, Tangerang - PT Garuda Mataram Motor meluncurkan The All New Audi Q5 di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City, Tangerang, Selasa, 15 Agustus 2017. Generasi kedua Audi Q5 ini siap menantang pasar SUV premium di Tanah Air.

Audi Training Dept. Garuda Mataram Motor, Agung Arianto mengatakan Audi Q5 pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2009. Mobil ini mengalami penyegaran pada tahun 2013. "Sejak tahun 2014-2015, Audi Q5 sudah sold out dan menunggu model terbaru yang diluncurkan di GIIAS 2017," kata Agus. "Kami sempat mengalami kekosongan, karena kami sudah ganti model, jadi kami masuk pada model Q5 dengan desain interior dan eksterior platform yang baru."

Baca: Audi Q5 PI Daya Besar Irit Bahan Bakar

Agung menjelaskan dari sisi dimensi, All New Q5 bertambah besar dibandingkan generasi sebelumnya. Panjangnya kini 4,66 meter, lebar 1,89 meter, dan tinggi 1,66 meter dengan jarak sumbu roda yang sepanjang 2,82 meter. Meski begitu, bertambahnya dimensi ini tak menjadikan bobotnya bertambah, bahkan bobotnya terpangkas hingga 90 kilogram dibanding model sebelumnya.

Bertambahnya deminsi menjadikan kabinnya semakin lapang untuk menampung lima orang dibanding generasi sebelumnya, bahkan dibandingkan kompetitor di kelasnya. All New Audi Q5 bertarung dengan rival-rival seperti Volvo XC60, BMW X3, dan Mercedes-Benz GLC.

Simak: Audi Bawa Dua Model Terbaru di GIIAS 2017

Masih menurut Agus, desain generasi terbaru memberikan keunggulan dalam hal aerodinamika di kelasnya, antara lain berkat desan atap yang aerodinamis. Garis-garis desain pada badan All New Q5 tampil tegas dan menjadikan sosoknya tampil lebih sporty. Lengkung fender yang berotot seakan ingin menegaskan kemampuan sistem penggerak quattro khas Audi yang ada di balik badannya.

Bagian pintu bagasi belakang membungkus hampir sebagian pilar-C, sebagai ciri khas keluarga Q Audi. Lampu belakang dengan opsi dynamic turn lights serta diffuser yang menyatu dengan pipa knalpot menambah istimewa tampilannya.

Sebagai sumber tenaga pada all new Q5, Audi Indonesia menawarkan pilihan mesin 2.0 TFSI yang menawarkan tenaga puncak hingga 252 hp dan torsi 370 Nm yang dapat diperoleh antara 1.600 rpm hingga 4.500 rpm. Berpadu dengan transmisi otomatis 7 speed S-Tronic berkopling ganda, All New Q5 ini mampu berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam waktu 6,3 detik dan menyentuh kecepatan maksimal 237 kilometer per jam. Konsumsi bahan bakar hasil pengujian pabrikan diklaim mampu mencapai 6,8 liter per 100 kilometer.

Output tenaga mesin tersebut aintarkan ke sistem penggerak empat roda quattro generasi terbaru dengan ultra technology. Sistem penggerak quattro terbaru ini bekerja dengan jaringan yang bekerja di seuruh mobil dan setiap 10 milidetik.

Seluruh pengaturan di dashboard dan kabin All New Q5 dirancanng lebih intuitif. Beberapa fitur unggulan ditawarkan sebagai standar pada All New Q5 yang dijual di Indonesia. Fitur tersebut adalah Audi Virtual Cockpit yang menghadirkan tampilan grafis yang serbaguna dan informasi yang detail.

Di balik dashboard, lingkar kemudi multifungsi dengan paddle shift kini menjadi kelengkapan standar bagi All New Q5, yang dilengkapi tombol-tombol pengendali fitur-fitur lain di dalam kabin. Di bagian tengah konsol terdapat MMI Multi Media Interface yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk sistem hiburan dan navigasi.

All New Audi Q5 di Indonesia dilengkapi velg aluminium alloy 19 inci yang berbalut ban berukuran 235/55 R19. "Kabin All New Q5 yang ditawarkan di Tanah Air mendapatkan empat pilihan warna yaitu, Black, Nuogat Brown, Rock Grey, dan Atlas Beige. The All Nre Audi Q5 dipasarkan di Indonesia dengan Rp 1,45 miliar (on the road DKI Jakarta)," kata Agung.

GRANDY AJI | WAWAN PRIYANTO


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi