Geely Tak Berminat Beli Fiat Chrysler
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 17 Agustus 2017 12:50 WIB
Fiat. AP/Luca Bruno

TEMPO.CO, Hong Kong - Geely Automobile Holdings membantah adanya pemberitaan bahwa produsen manufaktur otomotif asal Cina itu untuk mengakuisisi Fiat Chrysler.

Sebelumnya media otomotif Automotive News Europe menulis laporan tentang ketertarikan Geely untuk membeli saham Fiat Chrysler, produsen otomotif asal Italia yang tengah mengalami kesulitan keuangan.

Geely merupakan salah satu produsen mobil Cina yang diisukan tertarik untuk mengakuisisi Fiat Chrysler. Geely dikabarkan telah mengajukan penawaran untuk membeli Fiat Chrysler yang memiliki nilai pasar hingga USD 20 miliar atau sekitar Rp 263,2 triliun.

"Kami sama sekali tidak ada rencana untuk mengakuisisi Fiat Chrysler," ucap Direktur Eksekutif Geely Automobile Gui Shengyue seperti dilansir dari Auto News Europe, Rabu 16 Agustus 2017.

Menurut Gui, perusahaan tidak tertarik mengakuisisi perusahaan asing karena prosesnya rumit. "Mengakuisisi perusahaan lokal menjadi jalur cepat untuk pengembangan mereka," ucapnya. Namun menurut sumber, akhir tahun lalu perwakilan FCA Group dan Zhejiang Geely Holding Group telah melakukan pembicaraan awal terkait akuisisi. Sumber itu menyebutkan bahwa Geely tak lagi tertarik untuk mengakuisisi Fiat Chrysler.

Sumber lain menyebutkan bahwa Fiat Chrysler menolak tawaran Geely karena harganya dinilai terlalu rendah. FCA menolak untuk memberikan komentar. Tiga bulan lalu, Geely melirik kawasan Asia Tenggara dengan mengakuisisi 49,9 persen saham perusahaan otomotif Malaysia, Proton yang tengah mengalami kesulitan keuangan. Geely juga membeli saham Volvo dari Ford Motor pada tahun 2010.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil
#Geely

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi