Penjualan Mobil Bekas di OLX Tembus Rp 26 Triliun
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 23 Agustus 2017 19:40 WIB
TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Penyedia jasa iklan baris berbasis online, OLX, mengungkapkan bahwa mobil dan motor bekas menjadi salah satu barang yang paling diminati masyarakat. OLX menyebutkan nilai transaksi pada kuartal II (April-Juni) tahun ini mencapai Rp26,2 triliun untuk mobil bekas dan Rp1,5 triliun untuk motor bekas. Nilai itu untuk 177 ribu unit mobil bekas dan 148 ribu unit motor bekas yang terjual di OLX.

"Untuk motor dan mobil, paling tidak, 70 sampai 80 persen market share penjualan barang-barang ini," kata Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian di Trattoria SCBD, Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2017. 

Baca: Menjelang Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Melonjak

Menurut Edward, angka penjualan mobil dan motor bekas ini lebih kecil dari jumlah penawaran dan permintaannya. Jumlah iklan mobil yang ada di OLX menembus angka 324 ribu per bulan dengan 580 ribu pencari mobil bekas. Sedangkan, jumlah iklan motor bekas mencapai 223 ribu dengan jumlah pencari motor bekas sebanyak 556 ribu per bulan.

"Kriteria orang yang mencari mobil bekas di sini adalah yang sudah sampai pada tahap menghubungi penjualnya. Berarti jumlah orang yang hanya menjadi viewer lebih banyak dari itu," ujarnya. 

Simak: Pasca Lebaran, Mobil Bekas Ini Masih Diburu Konsumen

Edward mengklaim, jika memasang iklan mobil bekas di OLX, ada kemungkinan sebanyak 55 persen mobil itu akan terjual dalam seminggu pertama. Di sisi lain, motor menujukkan kemungkinan terjual yang lebih besar, yaitu 66 persen. "Jadi kemungkinan motor laku lebih besar dari mobil karena lebih simple dan lebih murah," tuturnya.

Menurut dia, mobil bekas memakan waktu 3-6 hari untuk bisa terjual, sedangkan motor bekas membutuhkan waktu yang lebih lama, 4-7 hari. Hal ini terjadi karena rasio antara iklan dengan pembeli untuk mobil adalah 1:2, sedangkan motor 1:4. Maksudnya satu mobil akan menjumpai dua calon pembeli, tetapi motor empat calon pembeli. "Jadi ada kemungkinan kalau ingin jual barang terus yang beli banyak pasti akan coba tahan sedikit sampai dapat harga terbaik."

Harga barang bekas yang ditawarkan OLX bisa mencapai 39 persen lebih rendah dari harga barang baru. Sebagai contoh, Honda Vario sebagai motor yang paling banyak dicari setelah Kawsaki Ninja dijual dengan harga Rp 16 juta dari Rp 21,2 juta.

NUR QOLBI | WAWAN PRIYANTO

#Mobil
#OLX Indonesia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi